Flash Info

Angka Kasus Covid-19 Tokyo Melonjak usai Darurat Nasional Dicabut

0
Angka Kasus Covid-19 Tokyo
wisata ke Jepang

STARJOGJA.COM, Info – Melonggarkan PSBB dengan new normal harus menjadi perhatian agar tidak seperti Jepang. Jepang yang mencabut status darurat nasional di Tokyo justru membuat angka kasus infeksi baru virus corona (Covid-19) melonjak hanya berselang sepekan.

Dilansir dari Bloomberg, Tokyo mencatat 34 kasus infeksi baru virus mematikan itu pada Selasa (2/6/2020). Jika lonjakan kasus berlanjut, pemerintah setempat dapat meminta banyak perusahaan di Tokyo untuk menghentikan lagi kegiatan mereka.

Lonjakan angka kasus, yang dilaporkan oleh media lokal termasuk TBS, itu adalah yang terbesar dalam satu hari sejak 9 Mei, dan terjadi sepekan setelah deklarasi darurat nasional dicabut di wilayah Tokyo.

Baca Juga : Jepang Cabut Status Darurat Osaka, Kenapa Tokyo Tidak?

Seiring dengan menurunnya jumlah kasus terkonfirmasi dalam beberapa hari menjadi satu digit, semakin banyak penumpang yang mengisi kereta dengan jumlah mendekati level pra-pandemi.

Lonjakan angka kasus baru dapat menyebabkan Gubernur Tokyo Yuriko Koike merilis apa yang disebutnya sebagai “Tokyo Alert” yang berisikan peringatan kepada warga untuk waspada terhadap pandemi corona, demikian laporan stasiun televisi NTV.

Koike telah menetapkan tiga kriteria untuk keluarnya peringatan ini, termasuk lebih dari 20 kasus baru yang dilaporkan dalam sehari, separuh dari angka kasus baru tidak dapat dilacak, dan jumlah infeksi meningkat dari pekan sebelumnya.

Jika angka kasus baru terus menanjak setelah peringatan tersebut, otoritas Tokyo mengatakan akan meminta perusahaan-perusahaan untuk tutup dan penduduk tetap tinggal di rumah.

Meski otoritas Jepang tidak memiliki kekuatan hukum untuk menegakkan pembatasan macam ini, ada banyak kerja sama dilakukan selama tujuh pekan keadaan darurat berlangsung sebelumnya.

Banyak kasus selama sepekan terakhir telah dikaitkan dengan distrik kehidupan malam di Tokyo. Sekitar 40 persen dari 90 kasus infeksi yang dilaporkan sampai Senin (1/6/2020) diyakini terkait dengan daerah yang dihuni oleh klub dan tempat-tempat semacamnya.

Banyak kasus juga datang dari klaster di sebuah rumah sakit di Koganei di barat Tokyo, di mana total 31 kasus infeksi telah dilaporkan, termasuk 15 kasus yang baru diumumkan pada Selasa.

Sumber : Bisnis

Pria dengan Tato Peta Indonesia Ikut Demo George Floyd

Previous article

Duh, Virus Corona Baru Mampu Mengubah Bentuk

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info