Health

IDI Ingatkan Penerapan New Normal

0
arab saudi penerbangan
Jalan-jalan di Riyadh, Ibu Kota Arab Saudi tampak sepi karena penerapan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19), di Arab Saudi, 7 April 2020.(Foto: Reuters)

STARJOGJA.COM, Info – Ikatan Dokter Indonesia berpesan jika pemerintah nantinya akan melakukan penerapan skenario tatanan kehidupan baru atau new normal di tengah pandemi.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Daeng Faqih mengatakan, mau tidak mau tatanan kehidupan baru ini memang harus dijalankan karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri memprediksi bahwa ancaman Covid-19 ini akan berlangsung lama. Apalagi hingga saat ini belum ada vaksin dan obat yang benar-benar pasti dapat mengobati Covid-19.

“Tidak mungkin kita akan selamanya mengunci diri dan tidak beraktivitas sehingga mau enggak mau, siap tidak siap kita akan menuju new normal tapi tentu tidak bisa serampangan, harus ada kriteria dan indikator yang harus dipenuhi,” ujarnya, dalam Webinar Edukasi Online, Senin (2/6/2020).

Baca Juga : Dokter Tolak Pasien, IDI Bantul Sesalkan RS Rujukan Corona

Daeng menuturkan bahwa new normal baru bisa dijalankan ketika kurva penyebaran virus sudah menurun atau melandai dengan jumlah penambahan kasus di bawah 1 persen. “Itu baru bisa masuk [kriteria penerapan new normal],” tambahnya.

Penerapan New Normal ini juga tidak bisa dilaksanakan secara nasional tetapi dibuat berdasarkan skala prioritas dengan pentahapan, misalnya daerah mana saja yang sudah masuk ke dalam kriteria maka itu yang bisa didahulukan.

“Kalau masih tinggi-tingginya kayak Jawa Timur bahkan mungkin mau mencapai puncak, rasanya itu belum masuk ke dalam kriteria,” ujarnya.

Baca Juga : PB IDI Berduka, 6 Dokter Wafat Lawan Corona

Selain itu, aktivitas juga harus diatur sedemikian rupa jangan langsung dibuka sekaligus. Misalnya saja aktivitas yang didahulukan seperti di tempat pekerja pabrik yang kawasannya terpisah dengan kawasan penduduk, lalu dibuka secara bertahap. Begitu pula ketika mall dibuka jangan langsung sekaligus semuanya, harus ada pentahapan.

Hal lain yang juga perlu dipersiapkan adalah protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh semua pihak, baik pemerintah, perusahaan, maupun masyarakat. Apalagi saat ini belum ditemukan adanya vaksin sehingga kedisiplinan masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan itu menjadi hal yang sangat penting.

“Sebelum vaksin ini ditemukan, kedisiplinan itu yang menjadi vaksin alami kita,” tuturnya.

Indonesia Sulit Terapkan Herd Immunity

Previous article

Virus Corona di Surabaya Berbeda dengan Daerah Lain

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health