Techno

Jumat Dini Hari Saatnya Liat Bulan Stroberi

0
bulan stroberi
bulan stroberi (istimewa)

STARJOGJA.COM, Info – Sesuai namanya bulan stroberi, bulan akan terlihat warnanya buah stroberi. Bulan strobei atau Bulan purnama pada hari Jumat akan menerangi langit malam di sebagian besar bumi belahan barat (termasuk Amerika Utara).

Di sebagian besar belahan bumi timur, bulan purnama pada hari Jumat (5 Juni) akan menampilkan gerhana bulan penumbral, yang berarti bahwa bulan stroberi akan tampak gelap dan keperakan.

Menurut NASA, bulan purnama penuh tepat terjadi pada 3:12 PM EDT (19:12 UTC) pada hari Jumat. Namun, karena bulan tidak akan terlihat di Amerika Utara pada saat itu, kemungkinan Anda bisa menyaksikannya adalah menatap ke langit saat bulan terbit, saat bulan yang belum penuh mulai naik pada pukul 8:23 malam. EDT (sesaat sebelum matahari terbenam jam 8:31 malam EDT), menurut Travel and Leisure.

Baca juga : Siap-siap Lihat Supermoon Terbesar Malam ini

Menurut akun IG @pussainsa_lapan, fenomena tersebut akan terjadi di Indonesia pada pukul 02.12 WIB. Pussains_lapan mengungkapkan penyebutan stroberi penuh tersebut karena mengisyaratkan waktu tahun untuk mengumpulkan buah yang sudah matang.

“Itu juga bertepatan dengan puncak musim panen stroberi. Bulan ini juga dikenal sebagai Bulan Mawar Penuh dan Bulan Madu Penuh” tulis pussains_lapan.

Sementara itu, laman Livescience mengungkapkan bulan stroberi dinamai untuk musim tanam stroberi yang relatif singkat di timur laut Amerika Utara, itu adalah nama yang dikenali oleh sebagian besar suku Algonquin, Maine Almanac dari Maine Farmer yang sudah tidak ada lagi dilaporkan pada tahun 1930-an, menurut NASA.

Nama lain untuk bulan purnama ini termasuk bulan mead, bulan madu, bulan mawar dan bulan LRO (untuk Lunar Reconnaissance Orbiter, yang diluncurkan ke bulan 18 Juni 2009), menurut NASA. Apa pun Anda menyebutnya, ini akan menjadi bulan purnama terakhir musim semi, sebelum titik balik matahari musim panas pada 20 Juni.

Nah, untuk Anda masyarakat Indonesia, sudah siapkah Anda begadang dan memotret fenomena ini pada Jumat dini hari nanti? Jangan lupa persiapkan tripod, lensa tele dengan difragma rendah dan setting manual pada kamera untuk memperoleh slow speed terbaik.

Sumber : Bisnis

Pendemo Bertato Peta Indonesia Warga AS

Previous article

Jumlah Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia 28.233

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Techno