Lifestyle

Karyawan Vs Pengusaha Anda yang Mana?

0
pengusaha atau karyawan
demontrasi karyawan di sleman (Harianjogja)

STARJOGJA.COM, Info – Mengetahui ciri seorang pengusaha atau karyawan dari beberapa ciri atau tanda yang ada. Dilansir melalui Entrepreneur, menjadi wirausaha adalah soal pola pikir. Jadi, apakah Anda seorang pengusaha, atau karyawan? Ayo kita cari tahu:

1. Pengusaha meningkatkan keterampilan mereka, karyawan meningkatkan kelemahan mereka.

Dalam wawancara kerja, Anda mungkin pernah menjawab pertanyaan ini: “Apa yang telah Anda lakukan untuk meningkatkan kelemahan Anda?” Ini pertanyaan yang masuk akal kepada seorang karyawan.

Bagaimanapun, karyawan diajari bahwa kelemahan itu buruk dan hal tersebut harus diperbaiki. Tapi tidak untuk pengusaha. Wirausahawan lebih fokus pada pemanfaatan kekuatan mereka daripada menghabiskan waktu mencari kelemahan.

Baca Juga : Air Mata Anne Avantie Keluar karena Banyak Pengusaha Bermental Kere

2. Pengusaha dapat menghasilkan pekerjaan yang buruk; karyawan adalah perfeksionis.

Karyawan, terus-menerus di bawah pengawasan bos mereka, berusaha keras untuk menjadi sempurna.

Namun para wirausahawan berkembang meskipun pekerjaannya buruk, setidaknya mereka tetap berproduksi, dan lebih baik untuk menciptakan sesuatu dan gagal daripada tidak menciptakan sama sekali.

3. Pengusaha berkata ‘tidak’ pada peluang; karyawan merangkulnya.

Warren Buffet berkata, “Perbedaan antara orang sukses dan orang yang benar-benar sukses adalah orang yang benar-benar sukses mengatakan tidak pada hampir semua hal.”

Pengusaha berkata ‘tidak’ mempertahankan fokus mereka pada apa yang penting.

Karyawan, di sisi lain, mengatakan ‘ya’ untuk segala peluang karena mereka takut jika mereka mengatakan ‘tidak’ pada suatu kesempatan, mereka akan kehilangan kesempatan besar mereka.

4. Pengusaha berdelegasi; karyawan bekerja dengan DIY.

Pengusaha selalu mencari cara untuk mengisi piring mereka. Mereka tahu nilai dari waktu dan hanya fokus pada hal-hal yang hanya bisa mereka lakukan.

Karyawan sebaliknya. Mereka mencoba melakukan semuanya sendiri, dan melihatnya sebagai kelemahan ketika mereka tidak bisa menyelesaikan semuanya. Mereka mencoba mengetahui setiap aspek bisnis.

Mantra “Jika Anda ingin itu dilakukan dengan benar, lakukanlah sendiri” adalah mantra para karyawan.

5. Pengusaha mono-task; karyawan (mencoba) multitask.

Tidak ada yang namanya multitasking. Terlepas dari apa yang diinginkan para bos, pernyataan ini benar. Penelitian menunjukkan bahwa otak kita tidak mungkin fokus secara efektif pada lebih dari satu hal sekaligus.

Pengusaha menyadari bahwa multitasking berarti tidak melakukan apa-apa dengan baik, jadi mereka melakukan tugas satu-satu. Akan tetapi, karyawan dilatih untuk mengerjakan berbagai hal sekaligus dan berakhir menyalahkan diri sendiri ketika otak mereka tidak mau bekerja sama.

6. Pengusaha berkembang dari risiko; karyawan menghindarinya.

Jika Anda bertanya kepada banyak orang dalam pola pikir karyawan mengapa mereka tidak memulai bisnis, mereka akan mengatakan bahwa mereka membutuhkan keamanan yang ditawarkan pekerjaan harian mereka. Tidak memiliki akses ke pensiun, gaji tetap atau asuransi kesehatan terlalu berisiko, kata mereka.

Di sisi lain, risiko menguatkan para pengusaha. Peter Drucker mengatakan bahwa di balik bisnis sukses ada seseorang yang pernah membuat sebuah keputusan berani.

7. Pengusaha percaya pada musim; karyawan percaya pada keseimbangan.

Keseimbangan hidup dan kerja adalah idaman setiap karyawan. Namun, pengusaha tahu bahwa keseimbangan tidak dapat dicapai. Alih-alih mencari keseimbangan, mereka percaya bahwa untuk unggul dalam satu bidang kehidupan mereka, orang lain akan menderita. Mereka menerima bahwa kehidupan mereka berputar seperti musim.

Alih-alih memperjuangkan keseimbangan yang tidak bisa diraih, mereka menyadari bahwa satu hal harus selalu diutamakan daripada yang lain.

8. Karyawan terancam oleh orang yang lebih pintar; pengusaha mempekerjakan mereka.

Dalam kehidupan di perusahaan, ini adalah survival of the fittest. Jika Anda bukan orang yang paling cerdas, paling terhubung, atau bekerja paling keras di departemen Anda, Anda terjebak di anak tangga paling bawah.

Oleh karena itu, karyawan terancam oleh mereka yang lebih pintar dari mereka. Mereka memandang orang yang lebih pintar sebagai pesaing.

Pengusaha justru mempekerjakan orang-orang itu. Mereka tahu bahwa tanpa tim yang hebat, bisnis mereka akan gagal.

Anda tidak harus menjadi CEO perusahaan rintisan atau bahkan memiliki bisnis sendiri untuk menjadi wirausaha, tetapi pola pikir wirausaha adalah yang menarik kesuksesan.

Dan kabar baiknya adalah bahwa ada banyak cara di mana Anda dapat menerapkan pola pikir ini untuk menjadi sukses dalam apa pun yang Anda pilih untuk dilakukan dengan karir Anda.

Sumber : Bisnis

Polda DIY terus lakukan Penyekatan di Perbatasan DIY

Previous article

Asteroid Sebesar Lapangan Sepak Bola Melintasi Bumi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle