Culinary

Soto Sumuk Jogja, Rasa Gurih dan Matangnya Arang

0
Soto Sumuk Jogja
Soto Sumuk Jogja (Bayu)

STARJOGJA.COM, Culinary – Penggemar soto tentu akan terus memburu soto mana yang belum dicoba. Satu rekomendasi menu soto di Kota Jogja adalah Soto Sumuk yang ada di Jl. Jend. Sudirman No.57, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nama warung Soto Sumuk menurut Tini pemilik warung, berasal dari pelanggannya sendiri. Ia mengaku tidak mengetahui kapan nama itu diberikan dan menjadikan nama warngnya saat ini.

“Waduh itu dari pelanggan yang kasih,” katanya Selasa (2/6/2020).

Baca Juga : Sajian Alami dari Soto Bathok Mbah Katro

Soto Sumuk Jogja ini berisi nasi, tauge, potongan daging sapi, daun seledri, dan kuah panas. Walaupun minimalis namun jangan tanyakan soal rasa sotonya.

“Soto daging. Kita sudah 40-an tahun,” katanya.

Tidak hanya soto saja yang ditemui di sana, tapi juga lauk yang bisa menambah kenikmatan menikmati soto. Ada tempe goreng, sate telur puyuh, empal, iso, dan babat. Tidak kalah lagi ada tambahan kerupuk yang menjadi pilihan penikmat soto.

soto sumuk jogja

soto sumuk jogja

Sambal khas soto akan menambah cita rasa pedas gurih bercampur dalam satu kenikmatan kuliner Jogja ini. Kecap ahli masak juga akan semakin menambah penikmat soto yang gemar dengan rasa manis gurih dan pedas dalam mangkok soto.

Warung sederhana di pinggiran kota Jogja ini ternyata memasaknya dengan arang. Sesekali bu Tini menggerakkan kipasnya untuk memastikan kuah soto selalu terjaga dalam panasnya. Aroma masakan dari arang ini tentu membuat aroma yang khas ketika asap itu bergumul ke atas.

Nama Soto Sumuk diduga berawal dari pelanggan yang menikmati soto dengan ruangan yang kecil, ditambah suasana jogja yang panas membuat penikmat soto di ruangan itu mandi keringat sehingga merasakan sumuk.

Menikamti soto dengan es teh dan tiga kerupuk cukup membayar Rp15.000 saja.

“Buka setengah sembilan sampai setengah tiga,” katanya.

Jika ke Jogja jangan lupa untuk mampir di Soto Sumuk ya.

Bunda, Stimulasi Perkembangan Motorik Bayi dengan ini

Previous article

Polda DIY terus lakukan Penyekatan di Perbatasan DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary