Techno

Riri Riza Membuat Film dengan Handphone

0
film memulai usaha

STARJOGJA.COM, Info – Sineas  Riri Riza yang membuat film pendek dari rumahnya menggunakan ponsel Oppo Find X2. Film pendek yang dia buat menggunakan ponsel tersebut menceritakan bagaimana aktivitasnya bersama keluarga di rumah selama masa pandemi Covid-19.

Film tersebut salah satunya sempat diunggah di akun Instagram-nya @rizariri pada April lalu.

Baca Juga : FILM INDONESIA: “Athirah” Terbaik FFI 2016

“Bisa lihat satu video yang saya bikin. Itu project bersama Oppo. Jadi di video yang saya bikin dilakukan di rumah, mengajak anak-anak saya, bersama keluarga, mengunjungi buku-buku lama saya, jadi bernostalgia menggunakan Oppo Find X2,” katanya dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Kamis (4/6/2020).

Lebih lanjut, sineas yang sempat menyabet penghargaan Piala Citra itu mengatakan bahwa Oppo Find X2 tidak hanya digunakan untuk proses perekaman saja. Proses editing atau pengolahan film sebelum dipublikasikan juga dilakukan lewat ponsel tersebut.

Menurutnya kamera Oppo Find X2 pada dasarnya sudah lebih dari cukup untuk keperluan pembuatan film. Pasalnya, kamera ponsel tersebut sudah mampu merekam video dengan resolusi sampai dengan 4K.

Selain itu, ada pula fitur stabilizer yang memudahkan pengambilan gambar dalam posisi bergerak dan mikrofon yang mampu merekam suara lebih luas dibandingkan dengan ponsel-ponsel lainya. Belum lagi adanya sertifikat IP68 yang mana ponsel bisa digunakan untuk merekam video ketika hujan tanpa takut mengalami kerusakan.

“Kamera Oppo Find X2 menggunakan banyak lensa yang cukup canggih, resolusi yang besar dan size image juga cukup besar. Fitur digital zoom saya suka. ada microphone yang mengarah objek dan ada pilihan untuk suara yang lebih luas,” tuturnya.

Oppo Find X2 membawa kamera belakang yang terdiri dari lensa telefoto 13MP dengan 5x hybrid zoom dan 20x digital zoom, lensa utama wide angle 48 MP, dan lensa ultrawide 12MP. Sementara untuk kamera depannya beresolusi 32MP.

Adapun untuk dapur pacunya, ponsel tersebut mengusung chipset Snapdragon 865 dengan RAM 12GB dengan dukungan penyimpanan internal 512GB.

Kemudian yang ikut membantu menurut Riri Riza adalah layarnya yang berukuran luas serta mampu memberikan tampilan yang lebih kaya warna dan nyata. Oppo Find X2 sendiri mengusung layar AMOLED QHD+ 6,7 inci dengan refresh rate mencapai 120 Hz.

“Ini penting untuk melihat bagaimana hasil rekaman video setelah syuting dan dipindahkan ke media lainnya,” ungkapnya.

Terakhir, selama pandemi Covid-19, Riri Riza juga mengungkapkan bahwa kamera ponsel bisa digunakan untuk mengurangi kebutuhan peralatan dan kru saat pembuatan film yang mau tidak mau harus tetap berjalan.

“Beberapa teman sudah ada yang melakukan syuting, tapi tidak boleh berkumpul 10 orang, baik untuk cast dan kru. Bisa dibayangkan sulitnya bagaimana. Saya pikir kamera smartphone bisa menjadi salah satu cara yang mudah [untuk proses pembuatan film],” tutupnya.

Sumber : Bisnis

Myanmar Tetap Menggelar Pemilu di Tengah Covid-19

Previous article

Los Angeles Akan Memangkas Anggaran Polisi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Techno