Kota JogjaNews

Kemenag Minta Tempat Ibadah Terapkan Protokol Kesehatan

0
pembersih tangan bebas alkohol
Ilustrasi hand sanitizer di Masjid Gede Kauman (Arif M)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kemenag DIY Imbau Tempat Ibadah Terapkan Protokol Kesehatan. Himbauan ini disampaikan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DIY terkait rencana pembukaan kembali tempat ibadah . Tempat ibadah yang kembali dibuka harus mempunyai protokol pencegahan penularan Covid-19.

Kepala Kanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan mengatakan tempat ibadah yang nantinya diperbolehkan untuk dibuka kembali harus memiliki surat rekomendasi dari gugus tugas penanganan Covid-19 DIY.Kemenag DIY Imbau Tempat Ibadah Protokol Kesehatan

“Pembukaan tempat ibadah sendiri dilakukan secara berjenjang berdasarkan level dari tempat ibadah itu sendiri. Misalnya sebuah masjid yang ada di kampung-kampung cukup di kecamatan,” ujar Edhi Gunawan, Kamis (4/6/2020).

Keputusan untuk membuka kembali tempat ibadah yang dimulai per hari ini, lanjut Edhi, merupakan langkah bertahap untuk mendukung penerapan new normal seperti yang digaungkan oleh pemerintah pusat.

“Kemenag DIY sendiri sudah mempertimbangkan keputusan gubernur berkaitan perpanjangan masa tanggap darurat Covid-19. Tentunya, kami ambil kebijakan bersama-sama, kita cermati aturan yang ada. Tujuan kami untuk memberikan perlindungan pada masyarakat,” imbuhnya.

Lokasi keberadaan tempat ibadah juga menjadi variabel penting bagi Edhi untuk menerbitkan surat rekomendasi bagi tempat ibadah. Pasalnya, jika lokasi tersebut angka kasus Covid-19 masih dinilai tinggi nantinya akan mempengaruhi terbitnya surat rekomendasi kepada pihak pengurus tempat ibadah. “Pembukaan harus ada rekomendasi dari pejabat yang berwenang,” terangnya.

Edhi sadar masyarakat sudah rindu untuk melaksanakan ibadah di tempat ibadah. Banyak warga yang sudah bertanya-tanya kapan tempat ibadah di wilayah mereka akan dibuka. “Kemenag terus melakukan sosialisasi kebijakan kepada masyarakat untuk mencegah adanya penularan Covid-19 di tempat ibadah,” ungkapnya.

Pada saat hari raya lalu, lanjut Edhi, ada kurang lebih 300 masjid yang menyelenggarakan ibadah salat Idul Fitri. Berdasarkan data Kemenag, di DIY sendiri terdapat sekitar 6.500 masjid serta 300 Gereja Kristen. “Untuk Gereja Katolik lebih sedikit lagi, sejauh ini ada beberapa tempat ibadah yang melaksanakan kegiatan keagamaan. Namun presentasinya sangat kecil,” ujarnya.

Festival Film Cannes Ungkap Daftar Film Pilihan

Previous article

Sektor Pendidikan DIY Paling Akhir Dibuka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja