Health

Saat Perceraian dan Menjaga Psikologis Anak

0
berbicara
(Webmd)

STARJOGJA.COM, Info – Anak selalu menjadi korban ketika kedua orang tuanya harus berpisah atau mengalami perceraian. Sehingga banyak kasus dengan psikologis anak terganggu karena kasus perceraian ini.

Gisella Tani Pratiwi, psikolog anak dari Yayasan Pulih mengatakan pada posisi ini, kedua orang tua harus bisa mengelola konflik dan mendukung kesehatan mental anggota keluarga, terutama anak-anaknya.

Ketika pasangan suami istri memutuskan untuk berpisah, sebaiknya mereka menceritakan keputusan dan permasalahan yang terjadi kepada dalam porsi yang secukupnya saja, sehingga anak tidak perlu terpapar konflik yang belum dipahami pada usianya. Kedua orang tua juga harus menghindari aksi komunikasi yang menambah konflik batin bagi anak, misalnya meminta anak memilih antara ayah dan ibu ketika akan ada perceraian.

Baca juga : Selama Wabah Corona Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan Meningkat

Orang tua sebaiknya memahami perkembangan, pemahaman, dan kebutuhan tumbuh kembang anak-anaknya sehingga bisa memberikan gaya komunikasi yang tepat.

“Sensitiflah dengan kondisi emosi anak, bantulah mengenali emosinya dan terimalah apapun kondisi emosinya, cobalah berempati dengan menerima emosinya maka membantu anak lebih stabil,” ujarnya kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Diskusi juga menjadi hal penting dalam membangun pola komunikasi dengan anak. Diskusi tentang permasalahan dengan cara yang memusatkan pada solusi dan memeperhitungkan kondisi masing-masing pihak yang terlibat, mungkin menjadi hal yang tepat. “Intinya biasakan untuk menjalin komunikasi yang terbuka dan hangat,” imbuhnya.

Sementara itu, bagi para orang tua yang memutuskan bercerai, sebaiknya tetap menjalin komunikasi, tentu yang tidak menyudutkan satu sama lain. Mereka perlu saling mendengarkan pendapat dan terbuka untuk memahami pihak lain, seperti saling menerima jika memang ada ketidaksetujuan dalam hal mengurus anak. Tindakan kekerasan baik psikis maupun fisik juga perlu dihindari. Walaupun sudah bercerai, anak ingin melihat ayah ibunya tetap harmonis.

Sumber : Bisnis

Beragam Mimpi Para Ahli Epidemiologi

Previous article

Launching Mobil Lexus IS Ditunda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health