Kota JogjaNews

Bausasran Punya Aksi Berbagi Centhelan Dengan Hati

0
Centhelan Dengan Hati

STARJOGJA.COM.JOGJA – Bausasran Punya Aksi Berbagi Centhelan Dengan Hati. Aksi berbagi selama Pandemi Covid-19 ditunjukkan warga RW 04 Kelurahan Bausasran dengan cara yang berbeda dari biasanya. Tidak hanya unik, aksi solidaritas itu juga berhasil meringankan beban warga kurang mampu.

Melalui program “Centhelan Dengan Hati Kudu Happy” warga kurang mampu di wilayah RW 04 Bausasran disediakan paket sayuran secara cuma-cuma. Warga bisa mengambil secara gratis setip hari.

Cantelan sayuran adalah aksi warga untuk membantu sesame dengan cara mencantelkan paket sayuran di tempat-tempat terntentu yang sudah disediakan.

“Rata rata sehari kami menyiapkan 30 paket sayuran, kalau sepi biasanya 15 sudah cukup, karena ini besumber dari donasi jadi jumlah sayuran yang kita cantelkan tidak menentu,” ucap Koordinator Aksi Centhelan Dengan Hati Kudu Happy RW 04 Bausasran, Ernawati, Kamis (11/6/2020).

Satu paket tidak hanya berisi sayur saja namun juga lengkap dengan bumbu dapur, lauk berupa tempe atau tahu dan terkadang juga beras. Aksi yang sudah berjalan selam 50 hari terakhir itu dimulai setiap hari dari jam 10:00 wib.

“Setiap jam sepuluh pagi sudah kami siapkan dan warga nanti sudah mengambil sendiri secara bergantian,” ucapnya.

Paket sayuran juga disalurkan kepada warga diluar RW 04 dengan melakukan koordinasi kepada RT masing-masing. “Sudah kita bagi, untuk yang warga wilayah RW 04 dan yang luar, kami koordinasi dengan RT untuk menentukan warga yang berhak menerima bantuan ini,” ucapnya.

Paket sayuran tersebut juga dibagikan kepada para pengepul sampah yang ada di sekitar Bausasaran. “Biasnya kalau pagi tidak habis, sorenya kita keliling nyari siapa yang pantas menerima biasanya para pengepul sampah,” imbuhnya.

Erna berharap semakin banyak yang ikut dalam progam tersebut, dengan donasi yang lebih banyak Pihaknya berencana untuk mengolah dan memperluas jangkauan sehingga tidak hanya di satu titik saja.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengapresiasi aksi tersebut. Menurutnya warga Yogyakarta memiliki jiwa gotong royong yang sangat tinggi. Sehingga ketika ada persoalan bisa direspon secara cepat dan tepat.

Aksi berbagi sayuran dengan cara dicantelkan ini salah satu dari wujud program Ngluwihi lan mbagehi” serta Gandeng-Gendong karena masyarakat yang mampu kemudian berdonasi membantu yang kurang mampu.

Gerakan ini merupakan gerakan dari Yogya untuk Yogya kegiatan seperti rewalawan hijau, nglarisi tanggane juga akan dijalankan dan menjadi bentuk tahapan kebangkitan masyarakat Kota Yogyakarta.

“Semoga aksi ini dapat menambah kekompakan antar sesama, semoga pandemi Covid-19 ini bisa segera berkahir,” harapnya.

SUMBER : PEMKOT JOGJA

Pasar Kranggan akan Ditutup Selama 3 Hari

Previous article

Nama Punggung Pemain Liga Inggris Jadi Black Lives Matter

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja