Kab GunungkidulNews

Jumlah Pengunjung Tempat Wisata Gunungkidul Akan Dibatasi

0
wisata gunungkidul

STARJOGJA.COM.GUNUNGKIDUL – Jumlah Pengunjung dan Jam Buka Tempat Wisata di Gunungkidul Akan Dibatasi.

Dinas Pariwasata Gunungkidul terus melakukan persiapan untuk pembukaan destinasi wisata di era new normal. Selain melakukan simulasi dan ujicoba untuk persiapan, rencananya jam buka dan jumlah pengunjung di destinasi wisata akan dibatasi.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti, persiapan pembukaan pariwisata terus dilakukan. Ada empat tahapan yang harus dilalui sebelum pembukaan mulai dari penyusunan tata laksana pariwisata, simulasi, sosialiasi dan ujicoba.

“Setelah ini dilalui, baru bisa dibuka. Untuk kesiapan juga sangat bergantung oleh pengelola di setiap destinasi,” kata Asti kepada wartawan di sela-sela pelaksanaan simulasi wisata di Gunung Api Purba Nglanggeran, Selasa (16/6/2020).

Untuk simulasi, masih ada dua tempat yang akan dilaksanakan, yakni di Pantai Baron dan Kukup yang dilaksanakan Rabu (17/6/2020) ini. Rencananya setelah simulasi berakhir, pemkab akan melaksanakan sosialisasi secara online yang diikuti oleh seluruh pelaku wisata di Bumi Handayani.

“Tujuan sosialisasi memberikan pemahaman dan gambaran tentang tata laksana pariwisata di era new normal,” katanya.

Menurut dia, sesuai dengan tahapan, setelah sosialisasi akan dilanjutkan ujicoba. Di tahap awal, pengujian ini dilaksanakan di empat destinasi yang dipilih untuk simulasi.

“Minggu depan sudah bisa ujicoba. Setelah satu minggu dan jalannya baik yang ditandai tanpa adanya temuan kasus, maka bisa langsung dibuka,” ungkapnya.

Meski demikian, didalam uji coba atau pembukaan destinasi harus mengacu pada protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 dengan menyediakan alat pengecek suhu tubuh, handsanitizer hingga adanya fasilitas cuci tangan. Selama pandemi, dinas pariwisata juga membuat kebijakan untuk membatasi jumlah pengujung dan jam buka wisata.

“Kalau waktu normal tidak ada pembatasan, tapi di tengah pandemic hanya boleh menerima tamu 50% dari kunjungan normal, serta waktu buka dibatasi dari pagi hingga sore,” katanya.

Bagian Pemasaran, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nglanggeran, Heru Purwanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan destinasi di masa new normal. Untuk mendukung keamanan, pengelola sudah menyiapkan alat pengecek suhu tubuh hingga fasilitas alat cuci tangan bagi pengunjung.

“Kami juga nantinya juga menerapkan jaga jarak antar pengunjung,” katanya.

SUMBER : Harian Jogja

Ada Covid-19, PSSI Hati-Hati Tentukan Latihan Timnas

Previous article

LPSK Lindungi 14 ABK Korban Perbudakan Modern

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *