Kota JogjaNews

Gelombang Laut Selatan DIY Bisa Sampai 4 meter

0
gelombang laut selatan
Ilustrasi Gelombang Tinggi (foto : Istimewa)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Gelombang Laut Selatan DIY Bisa Sampai 4 meter. BMKG Yogyakarta meminta para nelayan di DIY yang beraktivitas di pesisir selatan daerah ini untuk mewaspadai gelombang laut selatan yang tingginya diperkirakan antara 2,5 sampai 4 meter

“Perairan selatan Yogyakarta masih tinggi antara 2,5 sampai 4 meter, sedangkan di Samudera Hindia, selatan Yogyakarta lebih tinggi lagi mencapai 4 sampai 6 meter,” kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas dalam keterangan tertulisnya kepada starjogja.com, Rabu (17/06).

Lebih lanjut Reni menyebutkan gelombang tinggi itu terjadi karena saat ini muncul tekanan udara tinggi di Samudera Hindia dengan satuan tekanan mencapai 1.022 mb dan di perairan Australia mencapai 1.034 mb.

“Tekanan tinggi tersebut menyebabkan dorongan angin cukup kuat menuju perairan selatan Yogyakarta sampai dengan 29 knot sehingga menyebabkan gelombang cukup tinggi,” kata dia.

Ia mengatakan gelombang laut dengan kategori cukup tinggi itu diperkirakan terjadi di pesisir selatan Yogyakarta hingga 19 Juni 2020.

Oleh sebab itu, Reni berharap masyarakat atau wisatawan yang berada di kawasan destinasi wisata pantai di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta untuk tidak melakukan aktivitas mandi atau bermain di sekitar perairan.

“Untuk para nelayan dengan perahu kecil sebaiknya tidak melaut dulu. Pelaku usaha di kawasan pantai mewaspadai gelombang pasang di sekitar pantai,” kata Reni.

Napoli Juara Coppa Italia Usai Kalahkan Juve

Previous article

Obat-Obatan Murah Ini Pulihkan Daya Tahan Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja