Techno

Australia Mengaku Ada Serangan Siber

0
kebocoran data aplikasi eHAC
Ilustrasi - Youtube

STARJOGJA.COM, Info – Kabar tidak enak dari pemerintah Australia karena adanya serangan siber ke negaranya. Walaupun tidak menyebut pelaku, Australia menyebutkan “aktor canggih berbasis negara” dibalik serangan itu.

Selama ini, negara seperti China juga Korea Utara kerap dikaitkan dengan serangan siber. Meski demikian Australia tidak menyebutkan negara mana yang dimaksud.

Perdana Menteri Australia hanya menyebutkan bahwa “aktor canggih berbasis negara” itu sedang berupaya meretas berbagai organisasi Australia selama berbulan-bulan. Upaya peretasan meningkat baru-baru ini, ujar Morrison, Jumat (19/6/2020).

Baca Juga : Tim Keamanan WHO : Serangan Siber Naik ke Pejabat WHO

Morrison menyebutkan serangan siber itu menyasar seluruh tingkatan pemerintah, organisasi politik, penyedia layanan penting dan operator infrastruktur kritis lainnya.

“Kami tahu bahwa ini adalah aktor siber canggih berbasis negara karena dilihat dari skala dan sifat penargetannya,” kata Morrison saat konferensi pers di Canberra.

Morrison mengungkapkan hanya ada segelintir aktor negara yang mampu meluncurkan serangan semacam ini, tetapi Australia tidak akan mengidentifikasi negara mana yang bertanggung jawab.

Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds mengatakan tidak ada petunjuk terjadinya pembobolan data pribadi berskala besar akibat serangan siber.

Pengungkapan itu muncul setelah Reuters melaporkan bahwa Canberra pada Maret tahun lalu menetapkan China sebagai pihak yang bertanggung jawab atas peretasan terhadap parlemen Australia.

Sejauh ini Australia tidak pernah secara terang-terangan menyebutkan dari mana sumber serangan tersebut dan China menolak menyatakan bertanggung jawab.

Australia, sekutu keamanan Amerika Serikat, memiliki hubungan yang renggang dengan mitra dagang terbesarnya, China, lantaran pihaknya mendesak penyelidikan asal mula sekaligus penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui kasus Covid-19 pertama kali dilaporkan muncul di Kota Wuhan, China tengah, pada Desember tahun lalu.

Sumber : Antara

Bayu

Menikmati Sensasi Berbeda dari Buah Semangka

Previous article

Dokter Reisa Sebut Efek dari Obat Dexamethasone

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Techno