News

Lho, China Beli Produk Pertanian Amerika Serikat

0
korupsi di China
FILE PHOTO: U.S. President Donald Trump takes part in a welcoming ceremony with China's President Xi Jinping at the Great Hall of the People in Beijing, China, November 9, 2017. REUTERS/Damir Sagolj/File Photo

STARJOGJA.COM, Info – Kabar terbaru di tengah peperangan dagang antara China dan Amerika Serikat usai kedua belah pihak bertemu di Hawai pekan ini. Negara China dikabarkan berencana membeli produk-produk pertanian Amerika Serikat demi mematuhi perjanjian perdagangan fase satu.

Menurut sumber terkait, negara yang dipimpin Presiden Xi Jinping tersebut bermaksud meningkatkan pembelian produk-produk mulai dari kedelai hingga jagung setelah jumlah pembelian menurun karena dampak pandemi virus Corona (Covid-19).

Seorang sumber mengatakan pemerintah China telah meminta pembeli di Negeri Tirai Bambu untuk melakukan segala upaya guna memenuhi perjanjian fase satu.

Baca Juga : Warga Amerika Makan Daging Menurun saat Covid-19

Kabar ini seakan menjadi penawar dahaga bagi pasar yang mengkhawatirkan gangguan perdagangan setelah dua negara berekonomi terbesar di dunia ini berselisih dalam banyak hal mulai dari Covid-19 hingga undang-undang keamanan baru di Hong Kong.

Pada Kamis (18/6/2020), Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pejabat kebijakan luar negeri China berkomitmen untuk menghormati semua komitmen negaranya berdasarkan kesepakatan perdagangan itu.

“Selama pertemuan saya dengan Anggota Politbiro PKC Yang Jiechi, dia berkomitmen untuk menyelesaikan dan menghormati semua kewajiban dalam perjanjian perdagangan fase satu antara kedua negara kami,” tutur Pompeo melalui akun Twitter, seperti dikutip dari Bloomberg.

Pompeo tidak menyampaikan perincian di luar cuitannya itu, tetapi hal ini menjadi berita substantif pertama dari pertemuan rahasia yang digelar dengan Yang di Pangkalan Angkatan Udara Hickam, Hawaii, pada Rabu (17/6/2020).

China berjanji membeli produk-produk pertanian Amerika senilai US$36,5 miliar di bawah kesepakatan fase satu, lebih besar dari US$24 miliar pada 2017, sebelum perang perdagangan.

Namun, sepanjang empat bulan pertama tahun ini, China hanya membeli produk senilai US$4,65 miliar, menurut data Departemen Pertanian AS (USDA).

Nilai tersebut hanya 13 persen dari target yang ditetapkan dalam kesepakatan perdagangan dan hampir 40 persen di bawah nilai yang tercatat pada periode yang sama tahun 2017.

Awal bulan ini, Bloomberg News melaporkan China telah meminta para pembeli di negaranya untuk menghentikan beberapa pembelian produk pertanian Amerika termasuk kedelai.

Namun, importir China terus meningkatkan pembelian kedelai Amerika, dengan mengambil 2,2 juta metrik ton minyak sayur dalam dua pekan yang berakhir 11 Juni, menurut data USDA.

Sumber : Bloomberg

Bayu

Dokter Reisa Sebut Dexamethasone Bukan Obat Covid-19

Previous article

Cek Fakta Jus Jeruk Penyebab Obesitas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News