Kab KulonprogoNews

Pengrajin Batik Kulon Progo Mulai Terima Orderan

0
batik geblek renteng
Motif batik geblek renteng khas Kulon Progo

STARJOGJA.COM, KULON PROGO – Geliat pengrajin batik di Kulon Progo kembali bergairah. Perajin batik di Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, mulai banyak permintaan kain batik bermotif “Geblek Renteng” sejak awal Juni ini.

Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para pelaku usaha UMKM bantik yang selama ini sempat mengalami penurunan permintaan hingga 90 persen.

Meskipun jumlah pesanan belum banyak salah satu pemilik Sinar Abadi Batik Lendah bernama Agus, mengatakan dirinya sudah mulai menerima order dari luar pulau jawa.

Baca juga : Draped Kimono ala Batik Kain Kami

“Saat ini, kami sudah menerima pesanan batik dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti dari Kalimatan dan Sumatera. Meski jumlahnya tidak banyak, tapi kami sangat bersyukur,” kata Agus dikutip dari Antara, Sabtu (20/6).

Ia mengatakan pada April dan Mei, dirinya harus meliburkan 20 perajin batik yang membantu membuat batik selama ini. Namun, dengan adanya permintaan ini, mereka sudah kembali bekerja. Sebelum ada pandemi Covid-19, dirinya melayani permintaan kain batik dan baju berbahan batik bermotif “Geblek Renteng”.

Disisi lain selama ada pandemi, dirinya mengoptimalkan pembuatan masker berbahan baku batik. Permintaannya lumayan. Meski tidak mendapatkan keuntungan yang banyak, dirinya tetap dapat mengoptimalkan penjahit di sekitarnya supaya tidak menganggur.

Sumber : Antara

Bayu

EA Sport Siap Rilis FIFA 21 Akhir Tahun ini

Previous article

Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *