Info Kopi

Biji Kopi Flores Sudah Sampai Finlandia

0
kopi menoreh
Kopi Pangrango dari Cianjur (foto : Dewi Gunarto)

STARJOGJA.COM, Info – Finlandia memang suka dengan konsumsi kopi di seluruh dunia termasuk dengan Biji Kopi Flores sangrai (roasted beans). Biji Kopi Flores itu kini juga tersedia di jaringan department store Finlandia ‘Stockmann’ serta berbagai kedai kopi Cafetoria di Helsinki dan Johla, Finlandia.

Cafetoria mengimpor biji Kopi Robusta Flores dan Biji Kopi Lintong Sumatra Utara. Cafetoria ini dimiliki oleh pasangan suami istri Mia Nikander asal Finlandia dengan Ivan Ore asal Peru.

Mia Nikander yang menyambut Duta Besar RI untuk Finlandia Wiwiek Setyawati Firman dan pengusaha kuliner Nusantara ry di Cafetoria menjelaskan perjalanan bisnis kopinya.

Baca Juga : Kopi Olahan Anjlok ke Kisaran 20 Persen

Mia dalam keterangan tertulis, menjelaskan bahwa sejak 2003 mengimpor kopi dari Peru. Mereka membina petani kopi di Desa El Palomar Peru agar menghasilkan biji kopi specialty terbaik untuk pasar Finlandia yang potensial, sebagai kopi Gran Palomar di bawah merek dagang Cafetoria.

Sementara itu, untuk Kopi Robusta Flores, Mia dan Ivan mengimpornya selama 10 tahun belakangan dari pemasok di Jerman. Kopi itu dijual di berbagai cafe miliknya serta seluruh Department Store Stockmann.

Cafetoria mengimpor biji Kopi Robusta Flores dari Jerman karena jumlah impor masih di bawah 1 kontainer, sehingga belum efisien untuk mengapalkan langsung dari Flores.

Kehadiran biji Kopi Robusta Flores dalam pasar kopi specialty Finlandia menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia di Finlandia. Finlandia dikenal sebagai negara peminum kopi terbesar di dunia yaitu 12,5 kg/orang/tahun.

Adapun seluruh Kopi Specialty yang dipasarkan di Finlandia adalah jenis arabica yang umumnya berasal dari Ethiopia, Kenya, Brazil, Cuba, Colombia, dan Peru.

Biji kopi arabica di luar negara-negara Afrika dan Amerika Latin yang juga banyak beredar di berbagai gerai kopi dan supermarket utama Finlandia adalah biji kopi asal Indonesia, utamanya biji kopi Gayo Aceh, Lintong Sumatra Utara, dan Kintamani Bali.

Kehadiran Robusta Flores di Finlandia, di tengah-tengah jajaran kopi specialty arabica, memberi tantangan khusus bagi para pebisnis kopi di negara itu.

Pelaku bisnis jasa boga Nusantara ry menekankan peran aktif seluruh pelaku bisnis kuliner indonesia (restoran, katering, produsen makanan jadi) untuk mempromosikan Kopi Flores dalam satu paket promosi bersama Kopi Arabica Gayo, Lintong, dan Kintamani di Finlandia.

Saat ini di Finlandia terdapat sejumlah ‘Srikandi Indonesia’ yang konsisten bergerak di bidang kuliner di bawah merek dagang Bali Bagus, Bali Brunch, Green Java, Dapoer Iboe, dan Nusantara ry.

Cafetoria merupakan perusahaan kopi pertama dari Finlandia yang duduk dalam keanggotaan the Speciality Coffee Association of Europe (Asosiasi Kopi Specialty Eropa).

Cafetoria pada 2015 juga masuk dalam daftar 10 perusahaan makanan yang paling menguntungkan di Helsinki. Pada tahun ini, Mia Nikander dan Ivan Ore dinominasikan sebagai the “Coffee Influencer of the Year 2020” Finlandia.

Sumber : Antara

Bayu

Warga Mlati Sleman Akan Jalani Tes Cepat Covid-19

Previous article

Cara Mengetahui Gejala Palsu Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Kopi