Flash Info

Kawasan Wisata Harus Menerapkan Protokol Kesehatan

0
turis bantul
Parangtritis dibuka dengan sop protokol kesehatan (Antara)

STARJOGJA.COM, Info – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengingatkan para pegiat dan pengelola kawasan wisata harus mematuhi serta menerapkan protokol kesehatan bila kawasan wisata di 270 kabupaten dan kota dibuka secara bertahap.

“Ingat pesan Ketua Gugus Tugas, Menteri Pariwisata dan juga Menteri Lingkungan Hidup bahwa kawasan pariwisata alam dibuka bertahap dan batasan pengunjung hanya 50 persen dari kapasitas,” kata anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro di Graha BNPB Jakarta, Selasa.

Terkait teknis pembukaan lokasi wisata, seperti jam operasional, tergantung pada ketentuan dan kebijakan masing-masing daerah yang disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum yang disahkan 19 Juni 2020.

Baca Juga : Empat Kampung Wisata Jogja Siap Bikin Nyaman Wisatawan

Ia mengingatkan para pengelola wisata penting melakukan pembersihan secara berkala termasuk penyemprotan disinfektan terutama di area yang digunakan secara bersama.

Selain imbauan mematuhi protokol kesehatan kepada pengunjung, dr Reisa mengatakan para pekerja dan sumber daya pariwisata juga harus memahami cara melindungi diri dari penularan COVID-19.

“Jaga kebersihan pribadi seperti cuci tangan, konsumsi makanan bergizi, rutin olahraga dan istirahat yang cukup,” katanya.

Guna mencegah penularan di kawasan wisata, pengelola disarankan menggunakan sistem dalam jaringan (daring) untuk membeli tiket atau pengunjung mendaftar dulu sebelum datang. Hal tersebut bertujuan menghindari antrean panjang di pintu masuk.

Selain itu, pengelola wisata juga harus melakukan pengawasan ekstra di titik-titik favorit pengunjung dan lokasi foto yang biasa disukai wisatawan. Kemudian termasuk pula mengoptimalkan ruang terbuka untuk tempat berjualan dan transaksi.

Sumber : Antara

Bayu

Soal Makan Jadi Gejala Khas dari Demensia

Previous article

Disneyland Paris Akan Segera Buka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info