Kab Kulonprogo

Polisi Mewujudkan Ketahanan Pangan dengan Cabai

0
ketahanan pangan
STARJOGJA.COM, Info –  Direktorat Polisi Air dan Udara Polda DIY mewujudkan ketahanan pangan di tengah masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar Pos Polairud Congot, Kapanewon Temon. Polisi menggunakan lahan itu untuk lokasi budidaya tanaman cabai rawit.
Penanaman itu sudah dilakukan sejak 20 Maret 2020 lalu. Pelaksanaannya melibatkan petani setempat. Kelompok tani diajak untuk merawat tanaman itu sampai masa panen yang jatuh pada pekan ini. Hasil panenan kemudian diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan kelompok tani pengelola.
“Karena ini merupakan program ketahanan pangan, tentunya hasil panenan kami serahkan sepenuhnya kepada masyarakat sekitar dan kelompok yang sudah membantu proses penanaman,” kata Direktur Polairud Polda DIY, AKBP Rudi Rifani, dalam kegiatan penanaman sekaligus panen cabai bersama Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar di Pos Polairud Congot, Selasa (23/6/2020).
Rudi menjelaskan lahan yang digunakan untuk penanaman cabai itu milik Dirpolairud Polda DIY. Lokasinya berada di area Pos Polairud Congot, yang terletak di selatan Yogyakarta International Airport (YIA). Lahan pantai ini dipilih sebagai lokasi penanaman karena cocok untuk pertanian cabai.
Adapun bibit cabai yang telah ditanam pada Maret lalu dan sudah bisa dipanen dalam kesempatan ini sebanyak 2.800 an tanaman. Di hari yang sama juga dilakukan penanaman bibit cabai. Penanaman kali ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 74. “Untuk penanaman kali ini kurang lebih ada sekitar 3.000 an bibit cabai,” ujar Rudi.
Selain penanaman, juga dilaksanakan bakti sosial berupa penyaluran sembako untuk warga sekitar markas Polairud Congot yang perekonomiannya terdampak pandemi Covid-19.
Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yulianto mengapresiasi langkah Polairud Congot. Menurutnya aksi tanam cabai ini selaras dengan program pemerintah dalam upaya menguatkan ketahanan pangan di tengah mada pandemi Covid-19. “Semoga bisa menjadi contoh bagi masyarakat,” ucapnya.
Sumber :  Harianjogja
Bayu

Kota Jogja Tengah Siapkan Platform Pembelajaran Daring

Previous article

Warga Sleman Tes Swab Mandiri, ini Riwayatnya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *