Kota JogjaNews

Wisatawan Masuk Jogja Harus Punya Paspor Digital

0
tes GeNose C19
Ilustrasi Stasiun Yogyakarta

STARJOGJA.COM, JOGJA –  Wisatawan Masuk Jogja Harus Punya Paspor Digital. Pemda DIY mengembangkan “paspor digital” Cared+ (Plus) Jogja untuk mengantisipasi persebaran Covid-19. Paspor ini wajib dibawa oleh pengunjung di pusat-pusat keramaian.

“Setiap masyarakat yang akan mengunjungi DIY harus mengunduh sebuah aplikasi di mana aplikasi tersebut akan menghasilkan sebuah ‘paspor digital’ dalam bentuk kode QR,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) DIY, Rony Primantoro, kepada wartawan di Kantor Dinas Pariwisata DIY, Selasa (23/6/2020).

Untuk mendapatkan “paspor digital”, wisatawan dan warga DIY diwajibkan mengunduh aplikasi Cared+ (Plus) Jogja. Selanjutnya, wisatawan atau warga DIY wajib mengisi data yang ada di aplikasi tersebut. Warga DIY hanya perlu mengisi nomor induk kependudukan (NIK). Sementara, penduduk luar DIY yang akan mengunjungi pusat-pusat keramaian akan mengisi data-data lain.

Data yang terhimpun itu akan digunakan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY untuk memonitor pengunjung di mal, objek wisata, kafe atau objek vital lain yang dinilai menjadi pusat keramaian dan berpotensi menjadi titik persebaran Corona.

Pemilik “paspor digital” hanya perlu satu kali memasukkan data lewat aplikasi. Ketika sudah memasukkan data, wisatawan hanya tinggal memindai Kode QR ketika mendatangi sebuah tempat atau objek wisata.

Rony Primantoro, mengatakan Platform digital tersebut memang masih dalam tahap uji coba dan akan berfungsi mempermudah penelusuran kontak apabila suatu saat muncul kasus pengunjung yang positif Covid-19.

Saat ini pemilik gadget android dapat mengunduh aplikasi Cared+ Jogja dengan mengunjungi laman https://cared-diy.jogjaprov.go.id/.

SUMBER : HARIAN JOGJA

Fokus di Bisnis Utama, Ini Strategi Gojek Hadapi Pandemi

Previous article

Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Tambah 4 Orang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja