Health

Jumlah Zona Merah Covid-19 di Indonesia Turun

0
plasma konvalesen
Ketua Pelaksana Gugus Ketua Pelaksana GugusTugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo
STARJOGJA.COM, Info – Jumlah zona merah di Indonesia mulai turun hampir 50%. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19   mencatat jumlah zona merah di Indonesia turun 47,2 persen atau dari 108 kabupaten/kota menjadi 57 kabupaten/kota.
“Tidak cukup bupati, walikota, atau gubernurnya. Apabila tidak mendapatkan dukungan dari segerap komponen masyarakat yang ada di daerah, maka yang semula zona hijau bisa saja dalam waktu yang tidak lama terjadi perubahan ke kuning. Bahkan yang kuning bisa berubah jadi oranye dan merah,” kata Kepala Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo soal percepatan penanganan Covid-19 di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/6/2020).
Doni menjabarkan bahwa Gugus Tugas Covid-19 melakukan zonasi berdasarkan tingkat penularan virus Corona, yakni risiko tinggi, sedang, dan rendah. Suatu daerah akan masuk dalam zona hijau atau risiko rendah bila selama satu bulan terakhir tidak menemukan kasus baru, tidak ada kematian, dan seluruh pasien Covid-19 telah sembuh.
“Sehingga untuk zona hijau ada dua kriteria, yaitu tidak terdampak dan tidak terdapat kasus selama 1 bulan terakhir,” tambah Doni.
Adapun, dalam pembukaan rapat terbatas, Presiden Joko Widodo meminta sebuah terobosan dalam penanganan pandemi Covid-19. Dia meminta strategi yang dapat berpengaruh signifikan terhadap percepatan penanganan virus.
“Bisa saja dilakukan dengan menambah personil dari pusat, tenaga medis dari pusat untuk provinsi-provinsi di luar DKI yang menunjukan tren penyebaran yang masih tinggi,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/6/2020).
Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada Minggu (28/6/2020), mencatat kasus baru positif Covid-19 yang disebabkan virus Corona mencapai 1.198 orang. Pasien sembuh bertambah 1.027 orang, dan yang meninggal bertambah 34 orang.
Sumber : Bisnis
Bayu

 Anggun Masuk Artis Favorit Rakyat Prancis

Previous article

Planet Super-Earth Temuan Baru Bisa Dihuni?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health