News

Soal Ekonomi di Tengah Covid-19, Belajar dari Vietnam

0
belajar dari china
Contoh mobile decontamination chamber (MDC) yang diterapkan di Vietnam. - Dok. Istimewa
STARJOGJA.COM, Info –  Vietnam menjadi negara Asia Tenggara yang memiliki tren bagus dalam penanganan Covid-19 dengan nol kematian. Tidak hanya itu ternyata ekonomi Vietnam juga tumbuh pada kuartal kedua.
Padahal pada kuartal pertama ekonominya memiliki laju paling lambat dalam setidaknya satu dekade dipicu ekspor yang merosot karena pandemi virus Corona.
Dilansir Bloomberg, Senin (29/6/2020), Kantor Statistik Umum mengatakan produk domestik bruto naik 0,36 persen dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan revisi 3,68 persen pada kuartal pertama.
Estimasi median dalam survei ekonom Bloomberg adalah PDB menyusut 0,9 persen. Ekspor turun 2 persen pada Juni dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sementara impor naik 5,3 persen.
Ekonomi Vietnam yang bergantung pada ekspor mengalami pukulan keras karena pandemi mengganggu rantai pasokan global dan permintaan. Namun, sejauh ini ekonomi Vietanam masih cenderung menjadi salah satu yang berkinerja lebih baik di Asia Tenggara tahun ini.
Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc mengatakan Vietnam dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi 4 persen hingga 5 persen tahun ini karena pemerintah berupaya menarik lebih banyak investasi asing dari bisnis yang menyesuaikan rantai pasokan.
Sementara itu, harga konsumen naik 3,17 persen pada Juni dari tahun sebelumnya, naik dari 2,4 persen dari Mei. Pemerintah bertujuan untuk membatasi inflasi rata-rata sebesar 4 persen tahun ini.
Selain itu, Vietnam mencatat surplus perdagangan US$500 juta pada Juni, dibandingkan dengan defisit US$900 juta pada bulan sebelumnya.
Sumber : Bloomberg
Bayu

 Jokowi Minta Terobosan dalam Penanganan Covid-19

Previous article

 Anggun Masuk Artis Favorit Rakyat Prancis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News