Health

Kecemasan di Tengah Covid-19 Harus Dihindari, ini Caranya

0
kecemasan pandemi Covid-19
Ilustrasi seseorang yang mengalami kecemasan
STARJOGJA.COM, Info – Kecemasan di tengah pandemi Covid-19 harus dihindari karena cemas berlebih bisa menurunkan imunitas tubuh yang pada akhirnya membuat Anda rentan terinfeksi virus dan beragam penyakit lainnya.
Untuk menghindari Kecemasan di Tengah Covid-19, ada banyak cara mengatasinya. Berikut 7 di antaranya:
1. Identifikasi pemicu
Apa pemikiran yang menyebabkan reaksi emosional dan fisik? Ini sebuah petunjuk. Salah satu penyebab paling umum dari pikiran khawatir adalah “Bagaimana jika?”
Seperti bagaimana jika saya sakit? Bagaimana jika seseorang dalam keluarga saya sakit? Bagaimana jika saya kehilangan pekerjaan? Bagaimana jika saya mengalami serangan panik? Bagaimana jika saya gagal?
2. Beri Nilai intensitas kekhawatiran Anda
Sekarang setelah Anda berhasil mengidentifikasi pemikiran yang membuat sistem saraf pusat Anda menjadi hiruk-pikuk, beri peringkat intensitas emosi dari 1-100. Misalnya, “Kecemasan, 85/100.”
3.Tuliskan pikiran dan gambar yang tidak membantu
Sering kali, kita yang bergumul dengan kecemasan dan kekhawatiran memiliki imajinasi yang sangat aktif. Kita segera melihat di mata pikiran kita skenario terburuk yang terjadi tepat di depan mata kita dan sistem pertarungan atau penerbangan kita langsung diaktifkan. Luangkan
waktu sebentar untuk menuliskan apa yang Anda bayangkan akan terjadi. Ini dapat mencakup reaksi Anda, reaksi orang lain, apa yang akan mereka katakan, apa yang akan Anda lakukan, dll.
4. Periksa bukti yang mendukung pemikiran khawatir
Tenemukan dukungan faktual yang memvalidasi pemikiran khawatir. Hal ini akan memberi Anda kesempatan untuk mundur dan melakukan inventarisasi seberapa benar dan realistis kekhawatiran ini.
5. Periksa bukti
Keluarkan kaca pembesar mental Anda dan mulailah memeriksanya. Seperti halnya seorang detektif yang mencari fakta dan bukan opini, kita perlu melakukan hal yang sama. Fakta apa yang menunjukkan kepada Anda bahwa pemikiran khawatir ini tidak benar? Tanyakan pada diri sendiri, pernahkah rasa takut ini terwujud sebelumnya? Berapa kali? Anda mungkin menemukan bahwa itu hanya terjadi sekali seumur hidup Anda atau tidak sama sekali. Sering kali bermanfaat untuk memberikan diri Anda dengan contoh-contoh ketika Anda telah berhasil menyelesaikan hal yang Anda khawatirkan di masa lalu. Juga bermanfaat untuk menilai kemungkinan ini terjadi dari 0-100 untuk membantu membantah pemikiran khawatir otomatis yang negatif.
6. Masukkan pemikiran yang lebih realistis dan seimbang
Berpikirlah positif. Seberapa besar kemungkinan sesuatu yang positif akan terjadi? Pernahkah saya memiliki pengalaman positif dengan situasi, orang, atau peristiwa ini di masa lalu? Satu pertanyaan yang secara pribadi saya sukai adalah, “Dalam spektrum kehidupan saya, seberapa pentingkah situasi ini?” Apakah jumlah energi yang saya khawatirkan tentang situasi ini sebanding dengan pentingnya? ” Tidak? Kemudian kalibrasi ulang sesuai kebutuhan.
7. Tingkatkan kembali intensitas kecemasan dan kekhawatiran
Pada titik ini, sebagian besar akan mengalami pengurangan kecemasan yang signifikan dan bukti yang akan dikuantifikasi. Ini saja dapat memberi kita insentif untuk mulai menantang pikiran otomatis negatif alih-alih mempercayainya. Ingat, jika latihan ini tidak berhasil untuk Anda, jangan menilai diri sendiri, itu hanya akan meningkatkan kecemasan. Terkadang kita sangat khawatir, sulit memikirkan kemungkinan alternatif. Raih orang yang Anda cintai atau teman dan lalui catatan pikiran bersama. Mungkin membantu untuk mendapatkan perspektif orang lain, terutama jika Anda menghargai pendapat mereka.
Sumber :  Bisnis
Bayu

Gunungkidul Mewaspadai Potensi Penularan Covid-19 dari Luar Daerah

Previous article

Waspada Pemantik Rokok Berpotensi Menyebar Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health