Flash InfoHealth

Canggih, Alat Rapid Test Buatan UGM dan UNAIR Hanya Butuh 15 Untuk Deteksi Covid-19

0
alat rapid test
Rapid Test Covid -19 RI-GHA Karya UGM dan UNAIR

STARJOGJA.COM, FLASH INFO – Pemerintah meluncurkan rapid test antibodi produksi dalam negeri bernama RI-GHA Covid-19. Alat tersebut dibuat hanya dalam waktu dua bulan dari desain hingga proses produksi.

Pembuatannya diinisiasi oleh Badan Pengkajian Teknologi dan Penerapan Teknologi yang bekerjasama dengan UGM Yogyakarta dan UNAIR Surabaya.

“Saya menyambut baik inisiatif dari Bapak Menristek/BRIN yang telah dengan sangat agresif dan penuh antusias untuk merespon kebutuhan-kebutuhan lapangan yang sangat mendesak dengan skala yang sangat besar dalam upaya kita untuk memenuhi fasilitas dan peralatan, baik dalam rangka pencegahan penularan COVID-19 maupun pengobatan dan penyembuhan dari mereka yang terpapar COVID-19,” kata Menko PMK Muhadjir Effendi dikutp dari Bisnis.com pada Sabtu (11/7).

Muhadjir menyebutkan inovasi tersebut sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk mendorong dan mengutamakan produk dalam negeri serta mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

Senada dengan Muhadjir, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengaku terus berinovasi untuk menguasai produk rapid test antibodi di Indonesia.

Menurut bambang, fitur rapid test RI-GHA COVID-19 memiliki banyak keunggulan diantaranya lebih cepat, praktis dan fleksibel karena proses deteksi hanya membutuhkan waktu 15 menit dan pemeriksaan bisa dilakukan sendiri tanpa membutuhkan alat tambahan.

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Arif Mujiono

Rusia Perbolehkan Penonton Saksikan Formula 1 di Sirkuit Sochi

Previous article

Kia Hadirkan Sorento Generasi ke-4 Versi Hybrid

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info