Flash InfoTechno

AS, China, UEA Kirim Pesawat Antariksa ke Mars

0
air di planet mars
AS mengirim kendaraan penjelajah bernama "Perseverance" untuk misi di planet Mars (foto: ilustrasi).

STARJOGJA.COM, TEKNO –  Dalam upaya baru untuk mencari tanda-tanda kehidupan sebelumnya di Mars, AS, China dan Uni Emirat Arab akan mengirim pesawat antariksa ke Mars, mulai pekan ini.

Pesawat antariksa ke mars ini atau disebut sebagai pesawat tak berawak itu juga akan menganalisa area itu untuk menyiapkan kedatangan astronot di masa depan.

AS mengirim sebuah kendaraan penjelajah bernama “Perseverance” untuk mengumpulkan sampel-sampel batu, dan kemungkinkan tidak akan kembali hingga 10 tahun lagi.

Masing-masing pesawat antariksa harus melakukan perjalanan sejauh 482 juta kilometer untuk mencapai Mars, setelah itu harus meninggalkan orbit Bumi dan memasuki orbit Mars. Proses untuk sampai ke permukaan Mars akan menghabiskan waktu sedikitnya enam hingga tujuh bulan.

Tujuan dari misi itu adalah untuk mencari tahu apakah Mars memiliki tanda-tanda kehidupan mikroskopik sebelumnya. Seperti yang sudah disimpulkan sebelumnya, Mars dulu pernah mengandung air, sehingga mungkin saja planet itu memiliki kehidupan sebelumnya.

“Misi-misi robot dalam satu dasawarsa belakangan telah menunjukkan bahwa Mars bukan tempat mati dan asing seperti yang kita simpulkan sebelumnya pada akhir abad ke-20. Faktanya, Mars adalah sebuah dunia yang memiliki tanda-tanda bekas danau, sungai yang kering dan bahan organik,” kata Profesor Ray Arvidson, dari Universitas Washington, St Louis.

sumber : voaindonesia.com

BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi di Perairan Selatan DIY

Previous article

Operasi Pekat 2020 di DIY Amankan 122 Tersangka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info