FeatureNews

Cara Pelaku Bisnis Bertahan di Era Covid-19 

0
bisnis bertahan di era covid-19
STARJOGJA.COM, Info – Memiliki usaha atau bisnis terutama UMKM tentu akan berpikiran bagaimana bisa bertahan di era Covid-19. Mentor Program Fun With Bisnis 101,3 Starjogja FM Koh Martin mengatakan setiap pelaku usaha harus segera dapat beradaptasi dengan model komunikasi pasar saat ini.
“Harus adaptif dengan situasi baru. Kalau melihat bisnis ya pasarnya dan sikapnya juga baru,” kata Koh Martin Selasa (14/7/2020).
Koh martin mengatakan saat era Covid-19 ini setiap pelaku usaha atau bisnis harus siap dengan adaptasi secara cepat. Salah satunya berjualan secara online di tengah kondisi pandemi Covid-19.
“Ya era covid-19 kalau ga di online ya tokonya ga buka beneran kalau ga ada online. Kalau ga online ga buka. Kalau ga tobat maka ya ga jualan. Bukan ga ada yang beli tapi komunikasinya beda,” kata Koh Martin.
Menurutnya banyak pelaku bisnis yang mengalami omzet yang gila-gilaan saat Covid-19 ini. Sehingga model komunikasi berjualannya pun harus diubah dan caranya dengan kolaborasi.
“Kebanyakan turun 50 persen sampai 10 persen, ada yang tinggal omzet bahkan ada yang nol. Maka perlu efisiensi dan efektifitas, itu muncul dengan kolaborasi. Temen produksi tidak perlu kamera dan tim online, itu bisa dengan kolaborasi,” katanya.
Sebab, menurut Koh martin banyak pengusaha yang belum terkoneksi secara online. Sehingga perlu kiranya dapat bergabung ke komunitasnya yaitu di Hero Managemen.
“Kita bantukan, ada yang nyari di google yang belum ketemu ketemu, lalu kita bantu misal punya whatsapp lalu media sosialnya dll. Paling penting ini di era covid-19 ini era slow motion, jangan sampai brand kita hilang dari peredaran online,” katanya.
Hero Managemen menurut Koh Martin membuka kesempatan bagi pelaku usaha untuk berkembang di erea Covid-19. Hero memposisikan banyak pengusaha yang tidak bisa bergerak dengan cepat sehingga ia mengajak untuk bergabung.
“Kami lebih mencari kemauan belajar dan berkembang dan diskusi bagaimana produk saya bisa diterima pasar. Pasar mana yang kita sasar mau belajar kesana lebih utama,” katanya.

PDI Perjuangan Tetapkan BWH-Benyamin di Pilkada Gunungkidul

Previous article

Wisatawan Bantul Tidak Perlu Bawa Surat Bebas Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature