Kota JogjaNews

Kasus Corona DIY Melonjak Setelah Jogja Makin Terbuka

0
varian delta juni

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kasus Corona DIY Melonjak Setelah Jogja Semakin Terbuka. Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, mengakui peningkatan kasus positif Covid-19 di wilayahnya dipengaruhi selain oleh banyaknya pemeriksaan juga dengan dibukanya DIY bagi siapa saja dari luar daerah, baik wisatawan maupun warga yang terkait urusan pekerjaan.

“Okupansi hotel juga mulai tinggi, banyak orang dari luar kota datang dan pergi yang bisa saja terpapar Covid-19,” ujarnya, Senin (20/7/2020).

Menurutnya, semakin banyak kasus positif yang ditemukan seharusnya masyarakat tidak perlu khawatir karena justru penanganan bisa segera dilakukan. Kasus Corona DIY Melonjak Setelah Jogja Semakin Terbuka.

“Kalau tidak tahu malah keluyuran. Kalau sakit ya diobati,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi semakin banyaknya penularan, ia meminta Gugus Tugas Penanganan COvid-19 di Kota dan Kabupaten untuk memasifkan tes swab. Hal ini perlu dilakukan agar segera diketahui seberapa banyak yang positif untuk menghindari terjadinya transmisi lokal.

Beberapa yang menjadi prioritas dalam tes swab ini kata dia, meliputi tenaga Kesehatan, tracing kasus positif, orang-orang di tempat kerumunan, pendatang dari luar kota.

“Tempat kerumunan seperti pasar, destinasi wisata, begitu ada yang terkonfirmasi positif langsung diswab kontaknya,” kata dia.

Tes swab massal kata dia saat ini sudah memungkinkan karena sebanyak 240 tenaga Kesehatan di seluruh puskesmas di DIY telah dilatih untuk bisa mengambil swab, sehingga hasilnya bisa langsung dikirim ke laboratorium untuk diperiksa.

Ini Cara Mencegah Lapar di Tengah Malam

Previous article

BMKG Sebut Sebagian DIY Siaga Kekeringan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja