News

Adik Ipar Jokowi Diminta Mundur dari Pilkada 2020

0
Flu Burung Korea Selatan
Korea Selatan memiliki potensi industri kreatif (setkab.go.id)

STARJOGJA.COM, Info – Adik ipar Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Wahyu Purwanto yang juga mantan Rektor Universitas Gunungkidul mundur dari bursa pencalonan kepala daerah. Keputusan ini diambil usai pertemuan dengan Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh untuk tidak meneruskan langkah menjadi calon bupati.

“Saya diminta fokus ke kegiatan sosial,” kata Wahyu kepada wartawan, Minggu (26/7/2020).

Dia pun berterima kasih kepada relawan yang telah mendukungnya selama satu tahun terakhir mendampingi keliling di 144 kalurahan dan 18 kapanewon. Meski telah mundur dari pertarungan, Wahyu pun tetap akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial untuk memajukan Gunungkidul.

Perihal mundurnya Wahyu Purwanto sebagai calon kepala daerah bukan yang pertama kali. Di awal tahun ini, juga sempat menyatakan hal yang sama. “Pak Jokowi dan Surya Paloh sudah menyarankan saya untuk fokus dibidang yang lain. Jadi, saya sudah memutuskan,” katanya.

Baca juga : PDI Perjuangan Tetapkan BWH-Benyamin di Pilkada Gunungkidul

Wahyu menyebut Jokowi, kakak iparnya, adalah demokrat sejati. Majunya Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, anak dan menantu Jokowi, di pilkada kali ini, menurut Wahyu, adalah hak politik. “Kalau saya berbelok dari politik ke sosial karena ada arahan dari tokoh yang lebih senior [Jokowi dan Surya Paloh] dan bukan karena adanya dinasti politik,” katanya.

Ketua DPW Nasdem DIY, Subardi mengapresiasi keputusan Wahyu. Menurut dia, ada sepuluh tokoh yang ikut penjaringan. “Salah satu calon ada Mayor Sunaryanto dan tokoh-tokoh ainnya. Tapi untuk rekomendasi belum turun,” katanya.

Subardi pun mengakui siap berkoalisi dengan partai lain yang memiliki kesamaan visi dan misi. “Untuk pilkada, tidak ada calon partai, karena yang ada calon daerah sehingga kami masih terbuka. Untuk saat ini masih sangat dinamis hingga munculnya rekomendasi,” kata Subardi saat disinggung potensi meminang Mayor Sunaryanto sebagai kandidat kepala daerah dari Nasdem.

Sumber : Harianjogja

Pilkada 2020, Para Calon Bupati Bantul Kian Optimis

Previous article

Jangan Paksakan Diri Saat Bersepeda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News