Kota JogjaNews

Jangan Paksakan Diri Saat Bersepeda

0
ramah sepeda
FOTO : freepick

STARJOGJA.COM, JOGJA – Ketua Komunitas Jagowes, Wisnu Wardana, meminta pegowes untuk lebih memperhatikan kondisi tubuh sebelum menerima tantangan dan rute gowes. Jangan Paksakan Diri Saat Bersepeda

Diketahui, Sedikitnya enam pesepeda meninggal mendadak di DIY dalam dua bulan terakhir karena kelelahan dan sakit. Insiden ini menjadi perhatian komunitas pesepeda.

“Yang saya lihat ada beberapa kondisi pesepeda itu gengsi. Bareng-bareng sepedaan, temannya kuat, dia merasa enggak kuat, tapi dipaksakan karena malu. Itu malah fatal kalau semacam itu,” kata Wisnu, Minggu (26/7/2020).

Menurutnya, setiap pesepeda, baik muda maupun paruh baya, punya maupun tidak punya penyakit bawaan, harus sadar kemampuan diri sendiri ketika dihadapkan pada rute dan tantangan tertentu.

“Misal ada tanjakan, dia harus sadar bahwa tanjakan itu akan ditempuh dengan menanjak sepanjang apa. Kalau enggak kuat, pilih istirahat dulu dan berhenti. Kalau sudah pulih, jalan lagi. Itu mengurangi risiko. Intinya jangan gengsi. Ketika satu rombongan, merasa lebih senior tapi ternyata enggak kuat, ya jangan dipaksakan,” terang Wisnu.

Bagi pesepeda dengan komorbid, ia rasa tak masalah untuk bersepeda. Selama rute yang ditempuh datar dan tidak terlalu berat.

“Ada kondisi bagi yang punya penyakit jantung, dengan olahraga malah bisa melatih jantungnya, jangan Paksakan Diri Saat Bersepeda ,” tambahnya.

Ia juga tak mempermasalahkan pesepeda dengan usia paruh baya. Sebab, ia juga mengetahui salah satu komunitas sepeda di Jogja bernama Sepuhan yang beranggotakan pesepeda dengan usia di atas 60 tahun sering bersepeda dengan rute Jogja-Congot di Kulonprogo.

“Paruh baya atau masih muda itu enggak masalah, asal tau kondisinya sendiri. Ketika sudah lelah mending berhenti, jangan dipaksakan. Ketika ada persimpangan, nunggu di situ. Atau ada pos-pos tertentu, misal warung untuk berhenti,” kata dia.

SUMBER : HARIAN JOGJA

Adik Ipar Jokowi Diminta Mundur dari Pilkada 2020

Previous article

Kunjungan Wisata di Bantul Didominasi Warga Lokal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja