News

Indonesia Selandia Baru Jalin Kerja Sama Soal Covid-19

0
Indonesia Selandia Baru
Menteri Luar Negeri Saat Berbicara di Konggres Pancasila ( FOTO : Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Indonesia dan Selandia Baru menjalin kerja sama soal penanganan virus Corona atau Covid-19. Kerja sama setara Rp59,4 miliar atau senilai 6,12 miliar dolar Selandia Baru itu direalisasikan dalam joint commision meeting secara virtual, Rabu (29/7/2020).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kesepakatan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan melalui virtual antarnegara. Selandia Baru juga termasuk salah satu negara yang melakukan kerja sama dengan Indonesia selama pandemi.

Baca Juga : Indonesia Merespon Penembakan di Masjid Selandia Baru

Adapun komitmen kerja sama yang disepakati dalam tiga bentuk. Pertama, peningatakan kualitas layanan tes Covid-19 dengan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman senilai Rp6,3 miliar.

Kedua, komitmen senilai Rp48,6 miliar disalurkan melalui Unicef untuk peningkatan layanan komunikasi, risiko komunikasi dan penyediaan distribusi APD, pencegahan infeksi serta peningkatan kapasitas layanan. Ketiga, komitmen senilai Rp4,5 miliar akan digunakan untuk keperluan lain.

“Dalam pertemuan tadi, Indonesia mengharapkan kiranya semua realisasi dalam konteks Covid-19 ini dapat segera diimplementasikan,” katanya melalui konferensi virtual, Rabu (29/7/2020).

Sementara itu, pertemuan tersebut juga menghasilkan dua dokumen yaitu joint statmen antara Menteri Luar Negeri RI dan Selandia Baru dan joint statment terkait isu yang dibahas. Dokumen kedua yang disepakati berupa penandatanganan plan of action Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) 2020 – 2024.

Kedua negara, kata dia, sepakat untuk memitigasi pandemi dan pemulihan pemulihan ekonomi pascapandemi. Selain itu, kedua negara menekankan pentingnya solidaritas global menghadapi situasi saat ini.

Selain itu, Indonesia dan Selandia Baru juga menyepakati untuk meningkatkan interaksi pimpinan atau kepala pemerintahan atau level lainnya paling tidak satu tahun sekali.

Sumber : Bisnis

Bayu

Kopi di Tengah Pandemi Covid-19, Bertahan?

Previous article

Bunda Ini lho Cara Menyapih Anak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News