Kab BantulNews

Tanggap Darurat Diperpanjang, Pasar dan Wisata Tetap Buka

0
objek wisata Bantul
Ilustrasi wisata di Pantai parangtritis sebelum pandemi(JIBI)

STARJOGJA.COM, BANTUL – Tanggap Darurat Covid-19 Diperpanjang, Pasar dan Wisata di Bantul Tetap Buka. Bupati Bantul Suharsono resmi memperpanjang masa tanggap darurat bencana Coronavirus Disease atau Covid-19 sampai 31 Agustus mendatang.

Alasannya karena masih terjadi penularan Covid-19 di Bantul yang berdampak negatif dari berbagai sektor. Namun meski tanggap darurat masih berlaku, pusat perekonomian tetap buka.

“Seperti kegiatan pariwisata dan pasar-pasar itu tetap boleh buka yang penting mengikuti protokol kesehatan,” kata Suharsono, saat ditemui seusai rapat paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul, Kamis (30/3/2020).

BACA JUGA : Tanggap Darurat DIY Diperpanjang Sampai 31 Agustus

Suharsono mengaku keputusannya memperpanjang masa tanggap darurat itu dengan pertimbangan masih adanya penularan Covid-19. Kondisi itu sudah disampaikan ke Gubernur DIY dalam rapat, beberapa waktu lalu. Pemda DIY, kata dia, juga sudah memutuskan untuk memperpanjang masa tanggap darurat bencana tersebut sehingga pihaknya mengikutinya.

Menurut dia, Sultan sudah menyerahkan sepenuhnya kepada kepala daerah untuk memperpanjang atau tidaknya status tanggap darurat Covid-19 yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi penularan Covid-19. Pemkab Bantul memilih memperpanjangnya karena masih adanya penularan penyakit yang disebabkan virus SARS CoV-2 tersebut.

Dalam Keputusan Bupati Nomor 357 Tahun 2020 tentang Perpanjangan Ketiga Tanggap Darurat Bencana Covid-19 itu, Suharsono menjelaskan selain karena masih terjadinya penularan Covid-19, perpanjangan masa tanggap darurat juga dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 sehingga diperlukan langkah cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergi antar perangkat daerah dan lembaga lain secara berkelanjutan.

“Memperpanjang untuk ketiga kali satus tanggap darurat Covid-19 di Bantul mulai 1 Agustus 2020 sampai 31 Agustus  2020, dan dapat diperpanjang lagi sesuai kondisi dan perkembangan yang terjadi,” kata Suharsono.

Suharsono juga memerintahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk mengambil langkah dan tindakan yang diperlukan dalam rangka mencegah dan menangani dampak buruk yang ditimbulkan, antara lain kegiatan penyelamatan dan evakuasi, isolasi, perlindungan, pengurusan, serta pemiluhan korban Covid-19.

Masa tanggap darurat Covid-19 yang ditetapkan Pemda DIY berakhir pada Jumat (31/7/2020) besok. Namun, Pemda DIY memperpanjang lagi masa tanggap darurat selama sebulan ke depan sampai dengan 31 Agustus 2020.

Sekretarus Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan perpanjangan masa tanggap darurat ini sudah diputuskan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

“Pak Gubernur sudah memutuskan untuk memperpanjang masa tanggap darurat sebulan lagi,” ujarnya, Kamis (30/7/2020).

SUMBER : Harian jogja

382 Pasien Covid-19 di DIY Sudah Sembuh

Previous article

Ini Tips Menjaga Hubungan Pertemanan di Pandemi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul