FeatureNews

Bikin Paspor di Yogyakarta dengan Eazy Passport

0
Eazy Passport Yogyakarta
Eazy Passport Yogyakarta (imigrasi)

STARJOGJA.COM, Info – Pandemi Covid-19 ini membuat program layanan masyarakat pembuatan paspor justru lebih mudah dengan program Layanan Eazy Passport. Layanan Eazy Passport ini merupakan layanan jemput bola pembuatan paspor baru atau penggantian secara kolektif di mobil unit layanan paspor keliling yang berada di lokasi pemohon DI Yogyakarta.

“Kantor Imigrasi melaksanakan Layanan Eazy Passport yaitu pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobil layanan paspor keliling dan/atau mobile unit Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI),” kata Sri Mulyani, S.Sos.
Kepala Seksi TIKKIM Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta kepada Starjogja.com.

Baca juga : Pembuatan Paspor Utamakan Protokol Kesehatan

Sri mengatakan program Layanan Eazy Passport dapat dilaksanakan di luar kantor imigrasi yang ditujukan kepada perkantoran atau instansi, institusi pendidikan, komunitas/organisasi, komplek perumahan/apartemen.

“Layanan Eazy Passport melayani minimal 50 (lima puluh) permohonan per hari. Keluarga dari para pegawai di lingkungan Perkantoran Pemerintah/TNI/POLRI/
BUMN/BUMD/Swasta dan institusi pendidikan dapat diberikan pelayanan paspor dalam pelaksanaan Layanan Eazy Passport ,” katanya.

Sri mengatakan Layanan Eazy Passport hanya melayani pembuatan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku dan halaman penuh, tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak. Jadwal layanan ditentukan oleh Kantor Imigrasi setempat dan dilayani di hari kerja (pukul 08.00 s/d 16.00 waktu setempat) atau di luar jam/hari kerja.

“Pelaksanaan input data dan pengambilan biometrik dilakukan dengan mobile unit SPRI baik secara online atau offline,” katanya.

Proses penyelesaian paspor 4 (empat) hari kerja setelah pemohon melakukan pembayaran PNBP sesuai dengan jenis paspor yang dipilih. Pemohon Layanan Eazy Passport dapat diberikan layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama dengan syarat pembayaran PNBP dilakukan sebelum pukul 13.00 waktu setempat.

“Pengambilan paspor yang sudah dicetak pada Kantor Imigrasi dapat diambil langsung oleh pemohon paspor, bisa diambil oleh perwakilan instansi/kantor/komunitas dengan melampirkan surat kuasa/surat perintah dari pimpinan/para pemohon atau dikirim melalui jasa PT. Pos Indonesia,” katanya.

Sri mengatakan dalam pelaksanaan Layanan Eazy Passport agar diterapkan prosedur pencegahan penularan Corona Disease 2019 (Covid-19) dengan menyediakan alat pelindung diri bagi petugas dan menerapkan physical distancing.

Bayu

Video Anji dengan Profesor Penemu Obat Covid-19 Dihapus

Previous article

Gejala Pasien Covid-19 Lansia Berbeda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature