Flash Info

Meminjam Uang di Fintech, Cek Ini

0

STARJOGJA.COM, Info – Mau meminjam uang via fintech tentu ada rasa ingin tahu apakah legal dan tidak berujung masalah di belakangnya? Otoritas Jasa Keuangan atau OJK meminta masyarakat pastikan pengajuan pinjaman melalui fintech peer-to-peer atau P2P lending yang legal setidaknya ada 158 fintech.

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) sekaligus Kepala Departmen Penyidik Sektor Jasa Keuangan OJK menjelaskan bahwa dalam kondisi pandemi Covid-19 ini masyarakat akan memerlukan sumber dana, baik untuk keperluan produktif maupun konsumtif. Hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh entitas fintech P2P lending ilegal.

Menurutnya, entitas ilegal tersebut kerap memanfaatkan kesulitan keuangan sebagian masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga : OJK Minta UMKM Bijak Gunakan Fintech

“Sasaran mereka adalah masyarakat yang membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok atau konsumtif. Kami terus menerus memberantas fintech lending ilegal. Masyarakat harus hanya meminjam ke fintech yang terdaftar di OJK,” ujar Tongam, Minggu (9/8/2020).

Selain memanfaatkan entitas legal, Tongam pun menghimbau masyarakat untuk mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar.

Menurutnya, otoritas kerap menemukan adanya peminjam yang melakukan ‘gali lubang tutup lubang’, atau meminjam di satu fintech untuk membayar utang lainnya.

Selain itu, dia pun menghimbau agar pinjaman yang dilakukan bersifat produktif, yakni sumber dana dimanfaatkan untuk mendorong penghasilan. Masyarakat pun dihimbau untuk memahami berbagai risiko dan kewajiban sebelum mengajukan pinjaman ke fintech P2P lending.

OJK menyatakan bahwa per 5 Agustus 2020, terdapat 158 entitas fintech P2P lending yang legal, terdiri dari 33 perusahaan dengan status berizin dan 125 berstatus terdaftar. Jumlahnya berkurang 3 perusahaan dari data Juni 2020, dengan catatan fintech terdaftar sebanyak 128 entitas.

Selain perubahan jumlah itu, terdapat satu penyelenggara fintech yang melakukan perubahan nama, yakni PT Lufax Technology Indonesia yang berubah menjadi PT Ringan Teknologi Indonesia.

Tongam menjelaskan bahwa masyarakat dapat melihat daftar perusahaan-perusahaan yang berizin atau terdaftar di situs resmi OJK.

 

Sumber : Bisnis

Bayu

Pencarian Korban Kecelakaan Laut Hingga Sepekan

Previous article

4.500 Orang Kunjungi Tebing Breksi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info