FeatureNews

Imunisasi Anak Sekolah di Tengah Covid-19

0
Imunisasi Anak Sekolah
istimewa

STARJOGJA.COM, Info – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan komitmen Pemkab Gunungkidul dalam menyelesaikan progam Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty menjelaskan, program BIAS dimulai bulan Agustus 2020 dengan sasaran anak sekolah dari mulai SD hingga tingkat lanjutan pertama.

“Ini program prioritas, salah satunya untuk mencegah komplikasi penyebaran penyakit campak,” kata Dewi, Kamis (27/8/2020).

Dewi mengatakan program BIAS ini bertujuan untuk memperkebal daya tahan tubuh anak-anak dari serangan penyakit, khususnya campak, rubella hingga difteri. Ia menekankan bahwa pelaksanaan BIAS ini akan tetap memperhatikan protokol kesehatan penanggulangan corona.

Baca juga: Imunisasi Bayi Harus Tetap Diberikan di Tengah Wabah Corona

“Protokol kesehatan Covid-19 itu wajib karena untuk mencegah penyebaran virus corona,” katanya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Wonosari 1, Ariningsih Indriyati mengatakan, pelaksanaan program BIAS dilakukan secara berkelanjutan. Progam ini terlaksana sejak 18 Agustus lalu dan berlangsung selama 15 hari.

“Untuk tahap pertama BIAS dilaksanakan untuk anak sekolah kelas 1 [campak], kelas 5 dan 6 imunisasi HPV. Sedang pelaksanaan imunisasi untuk kelas 2 dan kelas 3 dilaksanakan November mendatang,” kata Ariningsih.

Ariningsih menjelaskan anak sekolah khususnya kelas 1 wajib didampingi oleh para orang tua saat program berjalan. Ia mematok program partisipasi hingga 98%.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik dan target bisa terpenuhi. Selain imunisasi, kami juga memberikan obat cacing untuk kesehatan para anak,” katanya.

Bayu

Menanti Park Bo Gum di The Record of Youth

Previous article

Vaksin Covid-19 Diperkirakan Tersedia Pertengahan 2021

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature