Techno

Awas Serangan Malware Emotet dari Email

0
malware Emotet
malware (istimewa)

STARJOGJA.COM, Info – Alfons Tanujaya pengamat keamanan siber Vaksincom meminta masyarakat agar berhati-hati ketika mendapatkan email dengan lampiran.doc. Sebab, jika di klik maka dapat menginfeksi komputer dengan malware Emotet.

Menurutnya, sejak pertengahan Juli 2020 pembuat Emotet kembali menjalankan aksinya. Dia menjelaskan bahwa Emotet adalah malware yang wara wiri di dunia maya sejak 2018 hingga 2019 dan sempat berkolaborasi dengan ransomware Ryuk.

“Bahaya malware ini jika kena sistem, email bisa lumpuh dan email perusahaan jadi diblokir oleh rekan bisnis. Akan berdampak sangat besar bagi perusahaan yang mengandalkan email sebagai tulang punggung bisnis,” ungkapnya saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga : Ini Cara Atasi Ponsel Android Terserang Malware

Alfons pun mengatakan bahwa kali ini Emotet menggunakan teknik yang cukup sederhana. Malware itu memanfaatkan lampiran dokumen Microsoft Word yang dikirimkan melalui broadcast email.

“Email yang di-broadcast dengan cerdik membalas email yang sudah ada sehingga ada tambahan “RE:” diikuti subjek email yang di balas. Pengirim email juga dipalsukan dari kontak yang ada pada email tersebut sehingga dapat lolos saringan antispam dan tidak dicurigai oleh penerima email,” ujarnya.

Alfons menyampaikan bahwa subjek “RE:” atau email tagihan dengan subjek “Invoice (angka acak)” dari malware Emotet seakan tidak terlihat berbahaya karena hanya mengandung lampiran .doc dan akan lolos dari deteksi antivirus karena dokumen .doc memang bukan file yang bisa dieksekusi dan menginfeksi komputer yang membuka dokumen tersebut.

Namun, dia berkata rekayasa sosial yang disertakan pada dokumen tersebut kemungkinan besar akan membuat komputer korbannya bertekuk lutut dan dan mailserver perusahaan mengirimkan malspam Emotet secara masif.

“Akibatnya seluruh kontak email akan menerima kiriman email yang dengan cerdik mengambil subjek membalas pesan email yang sudah ada dan memalsukan pengirimnya sesuai dengan kontak dalam email sehingga lolos saringan antispam dan guna mengelabui penerima email berikutnya,” jelasnya.

Sumber : Bisnis

Bayu

Bandara YIA Sepi, Menhub Beri Penjelasan

Previous article

Cek Ini Sebelum Membeli Barang Vintage

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Techno