Kota Jogja

Kampanye Protokol Kesehatan Kota Jogja Mulai Gencar

0
jogja lockdown wirobrajan
Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi menyerahkan bantuan kepada warga terdapak Covid-19

STARJOGJA.COM, Info – Tingginya kasus Covid-19 di Kota Jogja membuat pemerintah Kota Jogja gencar kampanye penerapan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat, termasuk penggunaan masker dalam aktivitas sehari-hari.

“Dalam satu bulan ini, jumlah pasien positif tanpa gejala selalu lebih banyak dibanding pasien yang menunjukkan gejala sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Selasa (1/9/2020).

Dengan kondisi tersebut, katanya, masyarakat harus selalu waspada dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

Baca juga : Pantai Parangtritis Dibuka dengan SOP Kesehatan

“Bisa saja orang yang berada di dekat atau di samping kita sebenarnya membawa virus tetapi tidak menunjukkan gejala apapun,” katanya.

Ia menambahkan saat tidak menunjukkan gejala sakit apapun, warga tersebut bisa saja kemudian menularkan ke orang-orang yang berada di dekatnya, termasuk saat di tempat kerja bahkan di rumah.

“Kasus penularan di tempat kerja dan keluarga juga cukup banyak terjadi di Kota Yogyakarta. Biasanya, hal ini terjadi karena ada warga yang sebenarnya terinfeksi virus tetapi tidak menunjukkan gejala apapun,” katanya.

Ia mencontohkan sejumlah kasus penularan COVID-19 yang terjadi di keluarga, yaitu di Kecamatan Kraton terdapat tujuh orang dalam satu keluarga yang terinfeksi virus corona atau di Mergangsan terdapat dua keluarga dengan masing-masing empat anggota keluarga juga terinfeksi virus.

Oleh karena itu, lanjut Heroe, penerapan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker dengan benar, menjadi penting dilakukan oleh siapapun.

Saat ini, terdapat 38 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dan 33 di antaranya pasien tanpa gejala yang kemudian melakukan isolasi mandiri. Sisanya membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Pembagian masker ke masyarakat, lanjut dia, sudah dilakukan saat awal masa pandemi COVID-19 dan tetap dilakukan hingga saat ini.

Kegiatan “Sapa Warga” yang dilakukan di wilayah juga dimanfaatkan sebagai upaya kampanye penggunaan masker.

Heroe juga menegaskan terkait dengan penerapan protokol kesehatan lainnya, seperti mencuci tangan dan menjaga jarak di keramaian yang wajib dilaksanakan.

Sumber : Antara

Bayu

Jokowi Ingatkan Kasus Covid-19 Tidak Lepas Kendali

Previous article

Pesawat Peringatan Dini China Terbang Perdana

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja