Health

Penderita Paru Harus Menaati Protokol Kesehatan

0
menaati protokol kesehatan
petugas medis menggunakan alat APD (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Pandemi Covid-19 menjadikan semua orang harus menaati protokol kesehatan terutama bagi penderita penyakit paru. Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Lampung dr. Pad Dilangga, Sp.P sampai menegaskan pentingnya masyarakat disiplin menaati protokol kesehatan.

Hal itu dimaksudkan untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19 di tengah peningkatan kasus di Provinsi Lampung.

“Saat ini pandemi COVID-19 belum usai, dan penambahan kasus Covid-19 terus terjadi terlebih lagi telah ada banyak sekali tenaga kesehatan yang gugur dalam tugas, taat protokol kesehatan adalah hal utama yang harus dilakukan,” kata dr. Pad Dilangga, Sp.P, saat dihubungi di Bandarlampung, Senin (7/9/2020).

Baca Juga : Hati-hati Wajah Bengkak Mungkin Kanker Paru

Ia mengatakan melihat situasi terkini yang masih terus terjadi penambahan kasus Covid-19, seharusnya masyarakat lebih peduli dengan kesehatan diri dan keluarga.

“Saya prihatin teman-teman sejawat banyak yang gugur dalam tugas, seharusnya masyarakat memiliki empati kepada tenaga kesehatan dengan cara peduli akan kesehatan diri, dengan wajib menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Menurutnya, dengan peduli pada kesehatan pribadi dan keluarga melalui taat menggunakan masker dan menjaga jarak di masa adaptasi kebiasaan baru, diharapkan akan mengurangi risiko persebaran Covid-19.

“Bila masyarakat dapat taat menggunakan masker, menjaga jarak terutama saat di tempat publik seperti kafe yang buka di malam hari, tentu akan mengurangi risiko terjadinya penularan Covid-19, serta ikut berkontribusi menjaga kesehatan tenaga kesehatan dan keluarga,” katanya.

Ia menjelaskan selain menerapkan protokol kesehatan, masyarakat diharapkan menunda terlebih dahulu rencana untuk bepergian keluar Provinsi Lampung, sebab kasus baru Covid-19 banyak didapati dari pelaku perjalanan.

“Sangat memprihatinkan adanya adaptasi kebiasaan baru masyarakat menjadi abai dengan protokol kesehatan, oleh karena itu saya anjurkan guna memutus mata rantai persebaran Covid-19 masyarakat akan lebih baik menunda terlebih dahulu rencana bepergian keluar daerah,” katanya

Sumber : Antara

Bayu

Tips Bisnis Rumahan Tetap Jalan Lancar

Previous article

PUB Saat Pandemi Covid-19 Boleh, Asal…

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health