Health

Kenali Tanda dan Gejala Kanker Payudara

0
Kanker payudara Pria
kanker payudara sebabkan 22 ribu kematian

STARJOGJA.COM, Info – Tingginya kasus Kanker Payudara di Indonesia harus menjadi perhatian semua orang. Maka, perlu mengetahui gejala kanker payudara. Seperti yang diungkapkan Medical Department Kalbe, dr. Hastarita Lawrenti, tanda dan gejala seorang perempuan menderita kanker payudara.

Pertama, adanya benjolan atau massa yang terkadang terasa nyeri di area sekitar payudara. Kedua, adanya iritasi kulit atau dumpling. Ketiga, adanya retraksi puting payudara.

“Retraksi ini kondisi dimana puting yang seharusnya berada di luar malah tertarik ke dalam,” jelas Hastarita dalam acara Breast Cancer Awareness Month 2020, yang diselenggarakan Kalbe Farma pada Selasa (8/9/2020).

Baca juga : Kanker Payudara Sebabkan 22 Ribu Kematian

Menurut Hastarita, ada pula gejala lain yaitu nipple discharge. Nipple discharge adalah kondisi dimana keluar cairan dari dalam payudara. Serta ada pembengkakan pada kelenjar getah bening (KGB) pada ketiak atau di sekitar leher.

Berkaca dari statistik dunia dari WHO pada 2018 lalu, penyakit kanker payudara masuk peringkat 2 di dunia dengan persentase kasus 11,6 persen atau 2.089 kasus di dunia. Angka ini sangat berbeda tipis saja dari penyakit kanker paru-paru yang totalnya 2.094 kasus di dunia.

Meski demikian, angka kematian akibat kanker payudara sangat jauh di bawah jenis kanker lainnya. Terbukti, dia duduk pada peringkat kelima dengan persentase kematian sekitar 6,6 persen atau total ada 627.000 kasus kematian. Adapun angka tertinggi kematian masih diduduki oleh kanker paru sebesar 18,4% atau 1,8 juta kasus kematian.

“Dari data ini sebenarnya menandakan, banyak progres dan kemajuan medis terhadap penanganan kanker payudara. Maka angka kematian bisa ditekan,” tutur Hastarita.

Sayangnya, di Indonesia, kanker payudara justru menduduki peringkat pertama kasus terbanyak. Sementara dari sisi prevalensi kematian, kanker payudara di Indonesia juga masih tinggi yaitu peringkat kedua setelah kanker paru-paru.

Ada 5 perawatan yang bisa diambil untuk menyembuhkan kanker payudara yakni; operasi pengangkatan sel, radiasi, terapi hormon, kemoterapi, dan targeted therapy. Hastarita menyebut, setiap perawatan memiliki ragam konsekuensi.

 

Sumber : Bisnis

Di Tengah Covid-19, #MULANIRA2 Menjadi Tema FKY 2020

Previous article

Robot Pendeteksi Orang Tidak Memakai Masker

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health