News

Pelaku Usaha Menurun Pendapatan Sejak Covid-19

0
pendapatan pelaku usaha
Ilustrasi tempat usaha

STARJOGJA.COM, Info – Pandemi Covid-19 membuat mayoritas pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan. Data Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) selama 10-26 Juli 2020 menunjukkan mayoritas pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) dan usaha menengah dan besar (UMB) sama-sama melaporkan penurunan pendapatan.

Sebaliknya, hanya sekitar 13 persen pada UMK dan 15 persen pada UMB yang menyatakan pendapatan tetap. Kemudian, hanya 2 persen dari UMK dan 3 persen dari UMB yang menyatakan adanya kenaikan pendapatan.

Baca Juga : Kasus Covid-19 di India Hampir 5 Juta

Jika dilihat dari sektor usaha, ada 2 sektor yang mengalami penurunan sangat dalam yakni akomodasi dan makan minum, serta transportasi dan pergudangan. Lalu diikuti oleh industry konstruksi, pengolahan, dan perdagangan.

“Sektor yg mengalami penurunan terdalam [akomodasi dan makan minum, serta transportasi dan pergudangan] mengikuti lapangan usaha dalam pertumbuhan ekonomi kuartal II/2020. Ini sjealan dengan triwulan II,” kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers daring, Selasa (15/9/2020).

Dari segi operasional, mayoritas pelaku UMK dan UMK masih beroperasi secara normal dengan proporsi masing-masing 49,4 persen dan 59,8 persen. Lalu, sekitar 5 persen pelaku UMK dan 10,1 persen UMB dilaporkan telah berhenti beroperasi akibat pandemi ini.

Sumber : Bisnis

Bayu

Piala Thomas dan Uber 2020 Ditunda

Previous article

Dua Perusahaan Bersaing Proyek Jalan Tol Bawen–Yogyakarta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News