Kota JogjaNews

Penerima PKH Kota Jogja Terima Bantuan Beras

0
bantuan sosial 2021
Penerima PKH Kota Jogja menerima bantuan beras. (Foto : Antara)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Bantuan sosial beras untuk penerima Program Keluarga Harapan di kota Jogja, Rabu mulai didistribusikan melalui kelurahan atau kecamatan, sesuai kondisi di wilayah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Distribusi diupayakan di titik terdekat dan cukup mudah dijangkau oleh penerima manfaat karena beras yang diterima pun cukup banyak dan tentunya berat,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Jogja Agus Sudrajat tulis Antar pada Rabu ( 16/9).

Titik distribusi beras bantuan sosial ada yang dilakukan di kelurahan atau di kecamatan. Setiap penerima PKH akan memperoleh 30 kilogram beras medium pada distribusi tahap pertama dari total 45 kilogram beras yang akan diterima.

Baca juga : Pengemis Makin Banyak, Jangan Beri Bantuan Di Jalan

Agus memastikan seluruh proses distribusi beras bantuan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yaitu setiap warga harus mengenakan masker, dan datang sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan untuk menghindari potensi antrean. Petugas pun dilengkapi dengan alat pelindung diri.

“Kami pun meminta bantuan Satuan Polisi Pamong Praja di wilayah dan Linmas untuk membantu mengatur agar tidak terjadi kerumunan saat distribusi bantuan,” katanya.

Setiap penerima wajib menunjukkan kartu PKH yang mereka miliki saat mencairkan bantuan.

“Harapannya, seluruh beras bantuan sosial ini bisa selesai didistribusikan dalam waktu tujuh hingga maksimal 10 hari,” katanya.

Di Kota Jogja tercatat sebanyak 11.619 keluarga penerima manfaat PKH yang akan menerima bantuan beras. Bantuan akan didistribusikan dalam dua tahap, masing-masing 30 kilogram pada tahap pertama dan 15 kilogram pada tahap kedua.

“Bantuan beras ini ditujukan untuk membantu penerima PKH memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari. Mudah-mudah digunakan untuk keluarga dan bukan dijual kembali,” katanya.

Sebelumnya, sudah dilakukan uji tanak terhadap beras yang akan didistribusikan sebagai bantuan sosial dan dipastikan beras bantuan kualitas medium tersebut dapat menghasilkan nasi yang tanak.

Sedangkan bantuan tunai untuk penerima program sembako, lanjut Agus, juga sudah mulai didistribusikan. Setiap penerima program sembako akan memperoleh dana bantuan Rp500.000 yang langsung masuk rekening bank Himbara.

Sumber : Antara

Bayu

Ahok Usulkan Pembubaran Kementrian BUMN

Previous article

Anggota Dewan DIY Positif Covid-19, Gedung DPRD Ditutup

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja