Flash Info

Saatnya Memulai Bisnis Online, Ini Alasannya

0
Memulai bisnis online
bisnis online

STARJOGJA.COM, Info – Memulai bisnis online adalah salah satu opsi terbaik saat ini di tengah pandemi Covid-19 menurut pakar Strategi Bisnis Online, Brian T. Edmonson. Setelah World Trade Center jatuh ke serangan teroris pada 9/11, dia pertama kali memulai bisnis onlinenya.

“Kondisinya sulit dulu dan sekarang. Saya tidak yakin apakah saya bisa bangkit lagi, tetapi, sementara bisnis saya telah mengalami beberapa perubahan besar selama bertahun-tahun, saya tidak harus kembali bekerja di kantor sejak saat itu. Melakukan bisnis online adalah keputusan terbaik yang pernah saya buat,” katanya seperti dikutip melalui Entrepreneur, Kamis (17/9),

Bisnis online menawarkan kebebasan dan fleksibilitas yang tidak akan pernah Edmonson dapatkan di dunia korporat.

Berikut adalah sembilan alasan mengapa memulai bisnis sampingan online selama masa-masa sulit bisa menjadi keputusan yang bagus.

Baca juga : 8 Strategi Bisnis di Pandemi Covid-19

1. Bisnis sampingan online bisa jadi sumber pendapatan tetap.

Jika Anda mendapatkan klien secara online atau mulai menawarkan layanan dan belajar cara mendapatkan klien baru secara efektif, maka Anda dapat dengan cepat mengganti pendapatan pekerjaan harian Anda dengan pekerjaan sampingan. Atau Anda dapat mengerjakan pekerjaan harian Anda dan juga pekerjaan klien tambahan.

2. Biaya overhead untuk memulai lebih rendah.

Biayanya bisa puluhan ribu dolar (atau lebih) untuk memulai bisnis tradisional dan jika Anda melakukan pekerjaan sampingan atau ride sharing, atau layanan pengiriman, Anda akan memberikan beban pada kendaraan Anda.

Memulai bisnis sampingan online umumnya membutuhkan biaya yang sangat sedikit dan dapat di-bootstrap hanya dengan beberapa juta rupiah dan terkadang bisa lebih rendah tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan.

Ada sangat banyak pilihan bisnis sampingan online yang efektif secara biaya untuk memulai.

3. Lebih banyak platform dari sebelumnya.

Pada awalnya tidak banyak platform untuk melakukan bisnis sampingan secara online. Anda hanya dapat memiliki akses web melalui webiste, yang Anda buat sendiri.

Sekarang ada banyak sekali platform yang mudah digunakan dan efektif:

Anda dapat mengunggah barang-barang kerajinan tangan untuk dijual di Etsy. Anda dapat menjual kembali produk lokal di eBay. Anda dapat memulai bisnis penerbitan di WordPress. Anda juga dapat dengan mudah membangun situs web di WIX.

Itu hanya permukaannya saja. Jika Anda kreatif dan ingin belajar, langit adalah batasnya dan masih banyak lagi kemungkinan yang tersedia.

4. Potensi jangkauan global.

Saat Anda menggunakan internet untuk kegiatan sampingan Anda, Anda tidak terbatas pada area lokal saja. Ini adalah salah satu alasan mengapa bisnis sampingan dapat berubah menjadi usaha besar dengan mudah.

Anda dapat menjangkau orang-orang di mana pun di dunia yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Anda bahkan dapat membangun merek yang benar-benar global dari waktu ke waktu.

5. Banyak kemungkinan pendapatan berulang

Ada banyak sekali peluang untuk pendapatan pasif dan berulang jika Anda menyusun bisnis Anda lakukan dengan benar.

Misalnya, jika Anda memulai bisnis penerbitan, Anda dapat memperoleh pendapatan iklan dari posting yang Anda terbitkan 3 tahun lalu. Anda juga dapat memulai bisnis berbasis langganan, seperti situs keanggotaan, yang membayar Anda dari bulan ke bulan.

Anda tidak bisa mendapatkan pendapatan berulang dengan mengendarai Uber.

6. Low cost to gain knowledge.

From LinkedIn Learning to Udemy, you can brush up your skills in almost any area for very little money.

There are many areas where you can do this. These are often new skills that are highly marketable and that you don’t need a college degree in order to get good pay.

7. Kebebasan lokasi kerja.

Banyak aktivitas sampingan online akan memberi Anda kebebasan lokasi kerja – artinya Anda dapat melakukannya dari mana saja dengan laptop dan koneksi internet.

Saat Anda membangun bisnis sampingan Anda untuk mendapatkan penghasilan penuh waktu, potensi untuk menjalani gaya hidup “digital nomad” menjadi sangat besar.

Itu artinya bisa bepergian ke mana pun Anda inginkan, kapan pun Anda mau, dan tidak ketinggalan pekerjaan.

8. Pekerjaan freelance dapat memberikan bisnis yang sangat baik.

Ada banyak bidang pekerjaan lepas di mana Anda berpotensi menghasilkan US$40 hingga US$150 per jam kerja, setidaknya di Amerika Serikat. Diperlukan beberapa saat untuk mempelajari cara mendapatkan dan mempertahankan klien, tetapi begitu Anda memiliki keterampilan itu, Anda dapat menulis hari gajian Anda sendiri.

9. Fleksibilitas

Karena sifat kerja online, hampir selalu ada fleksibilitas saat Anda bekerja. Kecuali Anda bekerja di pekerjaan jarak jauh, Anda akan memiliki fleksibilitas yang sedikit terbatas.

Fleksibilitas ini memungkinkan Anda untuk bekerja ketika anak-anak sedang tidur, di akhir pekan, atau di tengah kewajiban lain apa pun yang Anda miliki – termasuk pekerjaan harian.

Dunia berkembang semakin digital sepanjang waktu. Dengan menempatkan bisnis sampingan Anda secara online, Anda memberi diri Anda potensi tumbuh yang sangat besar dan akan mendapatkan keterampilan yang dapat dipasarkan baik dalam pekerjaan tradisional maupun pertunjukan lepas.

Sumber : Bisnis

Bayu

Barcelona Merayakan Dua Dekade Messi

Previous article

Mau Naik Pesawat di YIA, Siapkan Biaya Rapid Test Rp85.000

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info