Lifestyle

Cara Manajemen Keuangan di saat Pandemi Covid-19

0
membayarkan THR
Ilustrasi Uang ( FOTO : JIBI)

STARJOGJA.COM, Info – Saat pandemi ini butuh manajeman keuangan yang benar-benar bagus. Keahlian mengelola keuangan harus menjadi perhatian kalangan anak muda saat ini.

Afifa Direktur Interim Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) mengatakan bahwa bagi anak muda yang perlu dipersiapkan untuk mengelola keuangan adalah meluangkan waktu untuk mendata keuangannya.

“Anda bisa mendata pemasukan, pengeluaran rutin, pengeluaran tidak terduga. Anda juga harus membuat tujuan keuangan, bisa juga dengan mulai menabung untuk dana darurat. Pengeluaran harus diperhatikan juga, sesuaikan gaya hidup kita dan tahan rasa ingin pamer yang akhirnya membuat kita terjerat ke dalam masalah keuangan,” ujarnya dalam Webinar MAMI, Sabtu (19/9/2020).

 

Baca juga : Covid-19 Mempengaruhi Keuangan Rumah Sakit

Dia menambahkan ada 3 kata kunci untuk mengelola keuangan, yakni Insaf, Irit dan Invest. Insaf adalah mengerti kondisi keuangan Anda, Irit adalah tidak boros dalam melakukan pengeluaran dan invest yang mana menyisihkan keuangan untuk ditabung untuk berbagai tujuan.

“Ada beberapa kunci untuk irit. Seperti lawan peer pressure, hindari kebiasaan makan mewah, bedakan keinginan dan kebutuhan, manfaatkan promo atau diskon pelajar, buat budgeting dan patuhi budgeting tersebut,” tuturnya.

Terdapat juga beberapa platform gratis yang disediakan di smartphone yang bisa digunakan untuk mencatat pengeluaran dan penerimaan Anda, dengan mencatat ini semua maka akan terlihat gaya keuangan Anda dan Anda bisa belajar dari apa yang sudah dicatatkan. Apakah pengeluaran terlalu boros, apakah terlalu sering membeli kopi di kedai mahal?

Untuk tabungan, Anda bisa menabung minimal 10 persen terlebih dahulu baru menggunakan uangnya untuk kebutuhan lain. Biasakan menyisihkan sebagian uang Anda untuk menabung maka uang ini nantinya akan menyelamatkan Anda.

“Kunci dari investasi adalah Anda bisa menyimpan sebagian uang Anda untuk ditabung, pahami kekuatan bunga majemuk dan pelajari opsi menabung dan investasi.”

Sumber : Bisnis

Bayu

Mengenal Gejala dari Terinfeksi Bakteri Brucella

Previous article

TikTok Minta Bantuan Hakim Federal AS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle