Kab KulonprogoNews

Kulon Progo Uji Coba Tanam Bawang Bombay

0
bawang bombai kulonprogo
Kelompok Tani Menerima bantuan bibit bawang bombay ( Foto Antara)

STARJOGJA.COM, KULON PROGO – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, , melakukan uji coba penanaman bawang bombay oleh Kelompok Tani Ngudi Mulyo Penjalin, Desa/Kalurahan Donomulyo, Kecamata/Kapanewon Nanggulan dengan hasil panen cukup memuaskan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Aris Nugraha di Kulon Progo, Minggu, mengatakan uji coba penanaman bawang bombay dilaksanakan dengan tiga jenis, yakni 05, 06, dan 001.

“Benih disemai pada awal Mei 2020, selanjutnya penanaman 12 Juni, dan panen dilaksanakan pada pertengahan September 2020 dengan hasil cukup memuaskan,” kata Aris Nugraha.

Baca juga : Cegah Kepunahan, Distan Gunung Kidul Akan Kembangkan Bawang Putih Lokal

Ia mengatakan hasil ubinan produktivitas bawang bombay dengan hasil panen umbi basah tertinggi jenis 06 yakni 7,14 kilogram per meter persegi, kemudian jenis 011 seberat 6,24 kilogram per meter persegi, dan jenis 05 seberat 4,52 kilogram per meter persegi.

“Kami berharap dengan hasil panen uji coba benih bawang bombay yang cukup memuaskan ini, adanya program kelanjutan dan kerja sama dengan produsen benih Primasid dilanjutkan karena masih banyak lagi potensi wilayah yang bisa digunakan untuk budi daya bawang bombay,” kata Aris.

Ia mengatakan hasil panen cukup baik dengan umbi yang besar besar tidak kalah dengan bawang bombay impor. Kerja sama selain dalam pengembangan tanam juga sampai dengan pemasaran hasil. Ke depan diharapkan Kabupaten Kulon Progo bisa menjadi daerah produsen bawang bombay, sehingga bisa mencukupi kebutuhan sendiri bahkan kebutuhan regional dan nasional.

Sumber : Antara

Bayu

Rihanna Akan Luncurkan Lini Pakaian Khusus Pria

Previous article

Budi Wibowo Ditunjuk Sebagai PJS Bupati Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *