News

Kasus Covid-19 di Indonesia Bisa Capai Sejuta

0
Perda Penanggulangan Covid-19
Petugas Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengevakuasi pasien Covid-19 menggunakan bus jemputan sekolah dari sejumlah Puskesmas di Jakarta, Senin (28/9/2020). - Antara

STARJOGJA.COM, Info – Pilkada 2020 saat pandemi Covid-19 menurut Ekonom Senior Indef Faisal Basri dapat menambah kasus Covid-19 melonjak tinggi jika Pilkada 2020 tetap dijalankan.

“Pilkada jalan, kasus Covid-19 bisa sejuta Desember ini,” katanya dalam Diskusi Online Indef, Kamis (1/10/2020).

Faisal menilai, kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 pun akan sia-sia, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi, jika Pilkada 2020 terlaksana.

Baca Juga : Gangguan Kesehatan Jiwa Meningkat saat Covid-19

Aktivitas ekonomi akan semakin terdampak. Sementara, Faisal menilai pemerintah tidak bisa kembali mengeluarkan amunisi dalam bentuk Perppu untuk mengejar pemulihan ekonomi.

Alih-alih menjalankan Pilkada, pemerintah menurutnya harus fokus mengendalikan penularan Covid-19.

“Kemudian [penanganan] ekononomi mau apa lagi? Ya Perppu lagi, Perppu lagi. Tidak bisa Perppu ekonomi sebagai pemadam kebakaran,” ujarnya.

Pada kesempatan berbeda, Ekonom Senior Indef Didik J. Rachbini menilai Pilkada 2020 akan berisiko pada penularan Covid-19 yang semakin besar.

Menurut Didik, pemerintah telah gagal menangani pandemi Covid-19 dari sisi kesehatan selama hampir 8 bulan, sejak Covid-19 pertama kali mewabah di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, New Zealand, hingga Korea Selatan, kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat dan tidak ada tanda-tanda kurva akan menurun.

“Ini artinya pemerintah gagal melindungi rakyatnya berdasarkan UUD 1945 ayat 4. Sudah gagal, pemerintah menjalankan Pilkada, di mana lebih dari 100 juta orang akan memilih,” katanya.

Didik mengatakan penyelenggaraan Pilkada 2020 adalah keputusan yang akan semakin menjerumuskan masyarakat ke dalam kematian massal yang lebih besar.

Dalam hal ini, rakyat menjadi tidak dilindungi dengan alasan hak politik. Dia menegaskan, tugas pemerintah sekarang seharusnya adalah penanganan Covid-19.

“Muhamaddiyah dan NU sudah meminta Pilkada ditunda, tapi pemerintah keras kepala karena ini hak politik. Apakah hak politik lebih tinggi dari hak hidup”?

Sumber : Bisnis

Bayu

Menggunakan Masker Kain Tidak Lebih dari Empat Jam

Previous article

Gunung Berapi Menjaga Iklim Terkendali

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News