News

HUT ke-75 TNI, Jokowi Minta TNI Bertransformasi

0
Panglima TNI baru
Kapolri dan Panglima (Antara)

STARJOGJA.COM, Info – HUT ke-75 TNI Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta TNI dapat bertransformasi. TNI harus bertranformasi agar dapat memahami dan memanfaatkan perkembangan teknologi demi strategi perang masa depan.

“Kita harus melakukan transformasi teknologi dan personil yang mampu memahami dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, teknologi nano, dan teknologi kecerdasan buatan,” kata Presiden dalam upacara HUT TNI ke-75 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Baca Juga : Anggota TNI Ditahan Karena Status FB Istrinya

Perang pada masa depan, menurut Presiden, akan memiliki daya hancur yang lebih besar. Pertempuran akan berjalan lebih singkat dalam menentukan pemenang.

Dia juga menyatakan bahwa perang pada masa yang akan datang juga menggabungkan berbagai taktik sekaligus, baik militer konvensional dan non-konvensional serta lintas dimensi, baik politik maupun ekonomi.

“Transformasi teknologi tersebut harus didukung dengan personil yang kokoh, baik dalam menghadapi tugas operasi militer perang, maupun tugas operasi militer selain perang,” jelas Presiden.

Untuk mendukung transformasi TNI, Presiden pun menilai perlu mengubah kebijakan belanja pertahanan menjadi investasi pertahanan.

Jokowi menjelaskan bahwa kebijakan investasi pertahanan itu adalah berpikir jangka panjang dan sistematis serta dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan.

“Hanya melaui investasi pertahanan jangka panjang yang terencana, TNI akan mampu menjadi kekuatan perang modern yang mengikuti perkembangan teknologi termaju,” ujarnya.

Dia melanjutkan, revolusi industri jilid keempat telah menelurkan teknologi militer yang mengagumkan. Transformasi teknologi TNI pun wajib dilakukan sebagai langkah penguatan untuk beradaptasi dengan dunia yang bergerak sangat dinamis.

Adapun, selama 5 tahun terakhir, kata Jokowi, TNI telah melakukan transformasi organisasi secara signifikan dengan membentuk satuan organisasi baru.

Dalam masa kepemimpinan Jokowi, TNI telah mendirikan organisasi tempur Divisi 3 Kostrad, Komando Operasi 3 Angkatan Udara, Armada 3 Angkatan Laut dan Pasukan Marinir 3.

Ditambah lagi, pemerintah telah membentuk kekuatan gabungan TNI terutama tiga komando gabungan wilayah pertahanan dan 3 skuadron drone angkatan udara dan satuan siber TNI.

Sumber : Bisnis

Bayu

Penelitian Mikroalga UGM Membuat Jepang Tertarik

Previous article

Api Abadi Mrapen Padam, Ganjar Tindak Pengeboran Ilegal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News