Lifestyle

Mengubah Marah Menjadi Lebih Bahagia

0
karakter pribadi
telegraph.co.uk

STARJOGJA.COM, Info – Anda termasuk sering marah? Namun susah untuk mengelola marah. Pikirkan lagi, karena ada cara atau tips agar dapat mengubah marah menjadi lebih bahagia.

Dikutip dari News 18, Senin (5/10/2020), ada beberapa cara untuk melatih mengelola rasa marah di dalam diri. Berikut rekomendasi untuk membantu mengendalikan amarah:

1. Pergi Sementara

Ini mungkin bukan cara termudah untuk menanggapi situasi yang membuat Anda marah, tetapi cara yang bagus untuk menahan diri agar tidak mengatakan sesuatu di saat panas yang mungkin Anda sesali nanti. Kapanpun Anda marah, keluarlah dari kamar itu dan pergi ke tempat terpencil.

Luangkan waktu Anda, tarik napas dan pikirkan tentang konsekuensi dan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kata-kata Anda. Setelah Anda tenang, bicarakan tentang pikiran, kekhawatiran, dan kebutuhan Anda dengan tegas tentang sikap tenang.

Baca juga : Hindari Gadget saat Marah, Ini Alasannya

2. Pikirkan kata-kata Anda

Saat Anda marah, Anda cenderung mengatakan sesuatu dengan cara yang tidak sopan. Cobalah untuk tidak menggunakan kata-kata yang meremehkan atau mengkritik orang lain atau menyalahkan mereka sepenuhnya.

Jangan gunakan kata-kata seperti ‘tidak pernah’ atau ‘selalu’ dalam argumen Anda karena pilihan kata Anda dapat membuat banyak perbedaan.

Adopsi sikap pemecahan masalah misalnya, daripada mengatakan “Anda selalu datang terlambat”, sebaiknya kalimat tersebut bisa diganti dengan “Saya akan menghargai Anda datang lebih awal di lain waktu.”

3. Terapi musik

Musik memiliki kekuatan untuk mengubah suasana hati kita dalam beberapa menit. Musik memiliki efek menenangkan dan menenangkan pikiran, membuat kita merasa rileks. Musik telah digunakan sebagai alat yang ampuh oleh berbagai psikiater untuk mengelola amarah pada orang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sage pada tahun 2015 menyebutkan bahwa orang yang mendapatkan terapi musik dalam program manajemen amarahnya memiliki kemampuan koping yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mendapat terapi manajemen amarah secara teratur.

4. Latihan relaksasi

Kapan pun Anda marah, jauhkan diri Anda dari situasi tersebut dan praktikkan teknik relaksasi sederhana, seperti pernapasan dalam atau meditasi selama 10 menit dan jika memungkinkan, beberapa pose yoga sederhana.

Yoga akan membantu menenangkan pikiran dan memusatkan pikiran Anda. Anda bahkan dapat menemukan teknik lain seperti berjalan-jalan di taman atau mewarnai yang lebih cocok untuk Anda.

5. Lepaskan semuanya

Anda mungkin tidak akan pernah bisa menemukan kedamaian jika Anda menyimpan dendam. Jika Anda tidak memaafkan orang yang membuat Anda marah, Anda mungkin merasa marah sepanjang waktu dan itu juga dapat memengaruhi aspek lain yang tidak terkait dalam hidup Anda.

Hilangkan masalahnya, ekspresikan perasaan Anda, coba selesaikan perasaan negatif dan akhirnya maafkan orang-orang ini. Tindakan memaafkan ini juga bisa memperkuat hubungan Anda dengan orang yang Anda cintai.

Sumber : Bisnis

Bayu

Futuris Teknologi Saat ini Waktu Terbaik untuk Bisnis Baru

Previous article

Tadi Malam Anda Mimpi Hamil, Ini Artinya?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle