News

Pemancing Inggris Dapat Hiu Albino Langka

0
hiu albino
hiu albino (ist)

STARJOGJA.COM, Info – Warga Inggris Jason Gilleispie mengaku kaget ketika hasil pancingannya ternyata seekor hiu albino yang sangat langka. Jason Gilleispie menemukan hiu albino itu ketika memancing dekat pulau Isle Of Wight.

Hiu berjenis tope albino itu memiliki panjang kurang lebih 92 cm.

“Saya telah memancing selama 30 tahun dan saya belum pernah melihat yang seperti ini,” ungkap Gilleispie, 50 tahun dilansir foxnews.com Senin (5/10/2020).

Baca juga : Hiu Paus Ditemukan Mati di Muara Sungai Bogowonto

Hiu berjenis tope yang ditemukan ini memiliki kondisi yang disebut leucism yang menyebabkan kehilangan pigmentasi. Leucism terjadi apabila beberapa atau semua sel pigmen gagal berkembang pada saat diferensiasi, sehingga sebagian atau seluruh tubuh gagal menghasilkan pigmen.

Gilleispie mengungkapkan pernah mendengar bahwa ada hiu albino tetapi belum pernah melihatnya.

“Saya pernah mendengar seseorang di Whales pernah menangkap hiu albino tahun lalu, tapi kecil kurang lebih seberat 2,7 kg. Saya pikir jika mereka (red. hiu) kehilangan warna kulitnya akan kesulitan untuk bertahan hidup karena lebih sulit untuk berkamuflase sehingga tidak efektif untuk berburu dan akan menjadi mangsa untuk predator lainnya,” ungkap Gilleispie.

Gilleispie bercerita biasanya dia akan membiarkan hiu berjenis tope jika melihatnya karena tahu bahwa mereka hewan langka yang dilindungi. Namun ketika dia melihat hiu berjenis tope nan albino ini, Gilleispie segera memanggil temannya meminta jaring untuk menangkap hiu  ini.

Menurutnya dia perlu mendokumentasikan penemuan ini dan tak lama setelah berfoto, dia melepas hiu itu kembali ke lautan.

Menurut MarineBio.org hiu berjenis tope ini pertama kali ditemukan tahun 1758 bersifat tidak berbahaya bagi manusia, sering ditemukan dekat landas benua. Mereka tersebar di berbagai penjuru dunia.

Hiu berjenis tope ini bisa hidup hingga 55 tahun dan diburu untuk berbagai macam hal seperti daging, hati, minyak, dan siripnya. Menurut iucnredlist.org hiu berjenis tope ini adalah hewan yang terancam punah.

Sumber : Bisnis

Bayu

BTS dan Blackpink Masuk Nominasi MTV EMA 2020

Previous article

Tanggapi Najwa Dilaporkan, Fadli Zon : Demokrasi Macam Apa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News