Kota JogjaNews

Pensomas Dukung Penanganan Permasalahan Sosial

0
pensosmas Permasalahan Sosial
FOTO : Aldi
STARJOGJA.COM, JOGJA – Penyuluh sosial masyarakat ( Pensosmas ) menjadi elemen penting dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.  Pensomas Dukung Penanganan Permasalahan Sosial .
Penyuluh sosial Masyarakat bisa menjadi mediator antara masyarakat dan pemerintah terutama implementasi program-program prioritas nasional yang ada untuk penanganan permasalahan sosial di tengah masyarakat.
Nur Yuwono, S.H – Kasi Penyuluhan Sosial Dinas Sosial Provinsi DIY mengatakan Penyuluh sosial terbagi jadi dua yakni penyuluh sosial fungsional yang merupakan ASN dan juga penyuluh sosial masyarakat (pensosmas). Pensosmas adalah relawan masyarakat yang bertugas memberikan penyuluhan di bidang pembangunan kesejahteraan sosial.
“Mereka juga dilibatkan dalam bimbingan sosial  serta menggerakkan partisipasi sosial masyarakat,” jelas Nur dalam program Bincang Special , Rabu (07/10).
Ia juga menuturkan Pensosmas merupakan kepanjangan tangan sekaligus mitra Dinas Sosial DIY yang langsung bersinggungan dengan masyarakat. Tugas dan tanggungjawab pensosmas jauh lebih besar saat pandemik seperti ini, salah satunya untuk mengawal bantuan sosial dari Pemerintah.
” Pensosmas tidak sendiri, ada keterlibatan dari berbagai unsur masyarakat, seperti Karang Taruna, PSM, Tagana dan lain-lain. Kami harap teman-teman ini bisa jadi mobilisator untuk menggerakkan masyarakat bersinergi dengan elemen lain dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial,” lanjutnya.
Saat ini di DIY sudah ada 70 pensosmas yang ada di 4 kabupaten yakni Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo dan Sleman. Mereka telah diberikan sejumlah bekal agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat.

130 ribu Masker Kain Dibagikan di Tempat Umum

Previous article

Ribuan Mahasiswa Jogja Tolak Omnibus law

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja