FeaturedNusantara

Melihat Tradisi Kapak Batu di Papua

0
belajar toleransi Papua
Ratusan tomako batu, manik-manik dan uang dari Suku Olua (pihak laki-laki) sebagai mahar untuk pihak perempuan dari Suku Mebri di Kampung Yoka, Kota Jayapura, Papua. Antara Foto - Indrayadi TH

STARJOGJA.COM, Info – Dari jaman prasejarah hingga abad ke-20, kapak batu masih menjadi alat potong dan digunakan pula sebagai alat mempertahankan diri dari serangan musuh.

Namun bagi warga dan suku-suku di wilayah Sentani, kapak batu atau tomako batu tersebut sudah tidak memiliki fungsi sebagai alat potong tetapi sebagai fungsi sosial dalam kebudayaan masyarakat setempat yaitu sebagai alat pembayaran maskawin, alat bayar denda, atau sebagai pemberian (hadiah) kepada orang.

Perajin batu yang masih banyak ditemui di Sentani. Mereka biasanya menyusuri danau Sentani untuk mencari batu yang dijadikan tomako batu.

Untuk mahar atau maskawin, ukuran batu sekitar 10-30 cm. Jumlah kapak batu yang digunakan sebagai alat bayar bisa mencapai ratusan yang diserahkan pihak keluarga laki-laki kepada pihak perempuan dan ditambah dengan uang.

Menurut salah satu perajin batu, Edwin Epaa (41), keistimewaan tomako batu adalah warna sesuai dengan aslinya tanpa ada pengecatan setelah dihaluskan untuk maskawin.

Dalam pemilihan jenis batu, harus benar-benar yang berkualitas dan tidak asal-asalan karena tomako batu itu dipakai sebagai harta turun-temurun.

“Untuk melihat warna batu, biasanya perajin membasahi batu tersebut. Apabila warnanya hijau muda dan hijau gelap serta ujung batu ditembusi cahaya, ditambah dengan serat-serat batu yang bercorak cantik, maka batu tersebut memiliki kualitas yang tinggi.” kata Edwin.

Terdapat 10 jenis tomako batu yang dianggap sebagai harta sekaligus harga diri dari Suku Mebri, yakni allowae hawa phu, alowae nokom phu, alowae Hebhe, yengge fee, khonge, raeme yalobho, penkhu, yanjang bhulu, angguangge ro, hawa bhu.

Sumber : Bisnis

Bayu

Dokter yang Meninggal Akibat Covid-19 Total 136 Orang

Previous article

Angkatan Laut AS Mengakui Ada Objek Aneh Mirip UFO

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Featured