Flash Info

Bisnis Ikan Cupang Mendulang Cuan

0
ikan cupang
ikan cupang (Ist)

STARJOGJA.COM, Info – Setiawan Adhi Saksono penjual aksesori ponsel beralih bisnis menjadi penjual ikan hias cupang karena Covid-19. Toko di garasi rumahnya dilabeli Dzakiy Betta Store di Kec. Tembalang, Kota Semarang.

Berada tepat di tengah perumahan warga membuat usahanya ini mudah untuk dikunjungi konsumen, “Lumayan, yang beli orang-orang daerah sekitar sini, dari mulut ke mulut,” jelasnya, Jumat (16/10/2020).

Adhi memulai usahanya ini sejak akhir Februari 2020 lalu. Salah satu penyebabnya adalah menurunnya omzet penjualan aksesoris ponsel dari tahun ke tahun. Selain itu, ada beban modal usaha karena setiap tiga tahun sekali perlu mendatangkan aksesori ponsel keluaran terbaru.

Baca Juga : 911 Ramai Ditelepon Karena Ikan Mola-mola Raksasa Muncul di Permukaan

“Kalau buat cupang bisa diternak, saya tidak cuma jualan thok, jadi modal enggak perlu nambah terus,” ungkapnya.

Toko ikan hiasnya masih melakukan penjualan offline. Namun, ide untuk mulai berjualan secara online juga sudah mulai ia pikirkan. Karena relatif baru, target pasarnya pun tidak muluk-muluk, mulai dari anak-anak hingga pemula yang baru memulai hobi ikan hias.

“Harganya [per ekor] murah, mulai Rp10.000 sampai Rp100-an ribu. Yang biasa untuk anak-anak kecil dan hobi pemula yang mainnya murah-murah,” tambahnya.

Media sosial ia manfaatkan untuk menjalin komunikasi dengan sesama pengusaha ikan hias di Semarang. Dari Facebook, ia mendapatkan penawaran langsung dari pembu didaya ikan cupang yang ingin menjual ikannya.

Ikan yang dijual ini biasanya berukuran sedang. “Ternak kan seperti itu, mereka enggak betah [menunggu] sampai besar. [Berbeda dengan] yang jualan offline biasanya dirawat dulu sampai besar,” jelasnya.

Sumber : Bisnis

Bayu

Kera Menjarah Tanaman Warga Jepitu Gunungkidul

Previous article

Tips Memasak dengan Santan dalam Kemasan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info