Health

Milenial, Waspada Kebotakan Bisa Menimpa Milenial

0
milenial kebotakan
Pria botak - mirror.co.uk

STARJOGJA.COM, Info – Kebotakan yang biasa dialami pada usia lanjut ternyata kaum-kaum milenial juga sudah mengalami kerontokan nan berujung kebotakan. Kebotakan di usia milenial ini dipicu akibat stress.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Endi Novianto mengungkapkan terapi Platelet Rich Plasma atau PRP bisa menjadi salah satu solusi masalah kebotakan.

Menurut Endi terapi PRP yang disuntikkan ke kulit kepala bisa merangsang sel-sel pertumbuhan rambut karena pada prinsipnya PRP digunakan untuk menyembuhkan luka.

Baca juga : Pria Botak Potensi Besar Terkena Covid-19

“Dia akan merangsang folikel [akar] rambut yang tadinya mau istirahat menjadi aktif lagi. Kemudian menstimulasi sel punca sehingga kemudian menghasilkan rambut-rambut baru,” terang Endi pada acara virtual media meet up Zap Kamis (15/10/2020).

Terapi PRP ini mengoptimalkan fungsi dari platelet atau trombosit yang disebut sebagai liquid gold (cairan emas) dalam darah. Trombosit yang pada awalnya 150.000 hingga 400.000 per mikroliter, menggunakan prosedur PRP bisa bertambah minimal menjadi 1 juta per mikroliter. PRP inilah yang kemudian diaplikasikan pada rambut.

Terapi ini tidak disarankan untuk orang yang mengalami anemia, thrombocytopenia dimana trombosit berada dibawah 150.000 per mikroliter, disfungsi trombosit, infeksi, mengonsumsi anticoagulant, dan merokok.

 Saat mengalami anemia yang memiliki kadar hemoglobin dibawah 10 gram per desiliter tidak bisa mengikuti terapi ini dikarenakan PRP tidak bisa terbentuk.

Bagi orang yang merokok maupun mengonsumsi alkohol secara rutin, tidak disarankan melakukan ini karena pembentukan trombositnya tidak akan maksimal. Jika tetap ingin melakukan terapi PRP dokter Endi menyarankan selama dua minggu sebelum terapi untuk berhenti sementara agar bisa memaksimalkan PRP.

Selain bisa berfungsi untuk mengobati kebotakan, terapi PRP dalam dunia kecantikan juga bisa berfungsi untuk peremajaan kulit, penyembuhan luka, penyembuhan cangkok kulit dan filler.

Sumber : Bisnis

Bayu

Penggunaan Kuota Internet di Kalangan Pelajar Meningkat

Previous article

911 Ramai Ditelepon Karena Ikan Mola-mola Raksasa Muncul di Permukaan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health