Health

Ahli Kesehatan Ingatkan Covid-19 Virus Mematikan

0
Kasus Covid-19 DIY
Ruang instalasi gawat darurat di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo yang telah melakukan peninjauan tempat ini memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang, sedangkan saat ini sudah disiapkan untuk tiga ribu pasien. ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro - Pool

STARJOGJA.COM, Info – Ahli kesehatan terus memperingatkan virus Covid-19 merupakan virus parah dan mematikan. Walau tingkat kematiannya sekarang jauh lebih rendah dibandingkan dengan masa puncak pandemi.

Alison Pittard, Dekan Faculty of Intensive Care Medicine in London mengatakan pemahaman dokter yang berkembang tentang virus telah secara dramatis menaikkan tingkat kelangsungan hidup. Pada awal pandemi, hanya 66 persen orang di rumah sakit yang selamat, sementara pada Agustus angkanya naik menjadi 84 persen.

Dia mengatakan, upaya seperti pembatasan sosial memiliki sumbangsih dalam hal ini dan terus mengingatkan publik tentang pentingnya mengikuti protokol kesehatan. Selain itu, dia juga memperingatkan bahwa virus ini tidak kalah berbahaya.

“Ini merupakan virus yang sangat mematikan, meskipun mayoritas orang yang masih terinfeksi akan menderita penyakit yang sangat kecil atau bahkan tidak tahu sama sekali bahwa mereka terinfeksi,” katanya seperti dikutip Sky News, Senin (19/10).

Baca juga : 12 Jurus Jitu KPU untuk Mencegah Covid-19

Pittard melanjutkan bagi orang-orang yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan bagi mereka yang datang ke unit perawatan intensif, penyakit itu biasanya sangat parah. Menurutnya, pasien dalam perawatan kritis biasanya mengalami kondisi sakit parah.

Oleh sebab itu, penting bagi semua pihak untuk menyadari bahwa penyakit ini masih ada, masih bisa berdampak parah. Jika orang dengan Covid-19 berada dalam perawatan kritis, mereka hampir dua kali lebih mungkin meninggal daripada orang yang dirawat dengan pneumonia.

Menurutnya, tindakan yang tepat perlu diambil apakah seseorang yang terinfeksi perlu menggunakan ventilator atau tidak. Hal ini perlu menjadi pertimbangan mengingat pusat layanan kesehatan juga memiliki keterbatasan akan hal itu.

“Pada awalnya kami biasa menempatkan pasien langsung dengan ventilator mekanik. Jadi kami akan membawa mereka ke perawatan intensif, membius dan meletakkan ventilator. Tapi kami perlahan mulai menyadari bahwa mungkin kami dapat menangani beberapa pasien tanpa hal itu,” tandasnya.

Sumber : Bisnis

Bayu

Penyintas Covid-19 Diminta Mendonorkan Plasma Darahnya

Previous article

Bamsoet Meminta Pemerintah Terus Sosialisasi UU Cipta Kerja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health